Global Health Security Agenda (GHSA) ke-5 di Bali Bahas Ancaman Penyakit zoonosis

Global Health Security Agenda (GHSA) ke-5 di Bali Bahas Ancaman Penyakit zoonosis

Suarindonesia – Penyebaran penyakit zoonosis atau penyakit yang disebabkan oleh hewan menjadi perhatian dari berbagai negara, khususnya Indonesia. Perwakilan dari 15 negara saat ini bergabung dalam Global Health Security Agenda (GHSA) di Bali yang akan membahas rencana implementasi ketahanan kesehatan internasional.

“GHSA adalah sebuah forum kerja sama antar negara yang terbuka dan sukarela dengan tujuan memperkuat kapasitas nasional dalam ancaman kesehatan global,” kata Sekjen Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, saat ditemui di Nusa Dua Convention Hall, Bali, Senin (5/11/2018).

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Anung Sugihantono mengatakan kerjasama ini dilakukan untuk saling menguatkan satu negara dengan negara lain.

“Pada dasarnya tidak ada satu negara yang bebas dari ancaman, agenda ini sekaligus juga meyakini dan mengingatkan sehingga kita bisa meminimalisir risikonya terhadap kesehatan,” ujarnya.

Adapun rencana implementasi yang akan dilakukan yakni dukungan antar negara mengenai penanganan penyakit zoonosis, pertukaran informasi, peningkatan kapasitas serta komitmen penanganan tanggap darurat zoonosis.

“Salah satu keberhasilan dalam pengendalian zoonosis ialah menurunnya kasus flu burung pada manusia yang sejalan pada hewan melalui kerjasama antara petugas lapangan dari sektor kesehatan masyarakat dan kesehatan hewan,” tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Detik.com dengan judul “15 Negara Kumpul di Bali Bahas Ancaman Penyakit Global dari Hewan

 175 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: