Sejumlah Pelanggan PDAM Mengeluh Aliran Air Terputus Mendadak

Sejumlah Pelanggan PDAM Mengeluh Aliran Air Terputus Mendadak

Suarindonesia – Beberapa pelanggaan warga Banjarmasin Utara mengeluhkan sering terputusnya mendadak aliran air PDAM Bandarmasih. Anehnya terputusnya aliran air hanya beberapa tempat hunian warga atau tidak keseluruhan.

Salah seorang warga Alalak Selatan dekat dengan Sungai Jeruju, Ema mengungkapkan seringnya mengalami air macet. Bahkan terputus sama sekali aliran air PDAM Bandarmasih di daerah Alalak Selatan tersebut.

Menanggapi hal tersebut Direktur Utama PDAM Bandarmasih Yudha Ahmadi mengakui maraknya pelaporan tentang macet atau gangguan saluran air seringkali memang dari wilayah Banjarmasin Utara.

“Maraknya pelanggaran dari pelanggan PDAM yang memakai mesin pompa air dan berakibat merugikan pelanggan lainnya. Karena air yang dialirkan dalam saluran suatu tempat menjadi rebutan sehingga terdesaklah saluran air ke satu tempat pelanggan yang menggunakan mesin pompa air,” ucap Yudha kepada awak media (16/1).

Kemudian Yudha Ahmadi menilai pelanggaran yang dilakukan oleh pelanggan yang pakai pompa air dapar merugikan kedua belah pihak, baik dari pihak PDAM maupun pihak pelanggan.

Yudha menjelaskan pelanggan yang memakai pompa air akan menyebabkan suplai air ke tempat lain menjadi berkurang. Sebab pompa air tersebut akan mendesak menyedot saluran air yang seharusnya terbagi ke beberapa tempat.

Yudha menyebutkan sudah beberapa kali mendapat temuan warga yang memakai pompa air di Komplek HKSN Banjarmasin Utara. Namun ia enggan menyebutkan ada berapa pelanggaran yang ditemukan

“Berkaca pada hal ini, ada kemungkinan saluran air yang tersumbat dan macet beberapa tempat di Sungai Jeruju disebabkan oleh adanya pelanggan yang menggunakan pompa air dan dihubungkan ke pipa PDAM,” katanya.

Lebih lanjut Yudha akan lakukan razia di sekitar rumah warga setempat sesuai dengan laporan warga baik melalui melapor langsung ke PDAM ataupun melalui media.

“Kalau kita temukan nanti akan kami tindak tegas berupa teguran dan perintah melepas pompa air tersebut. Karena sangat mengganggu suplai aliran air,” katanya.(SU)

 182 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: