TURUN LEVEL 3, PPKM Banjarmasin, Kadinkes Targetkan Segera ke Level 1

Bagikan :
TURUN LEVEL 3, PPKM Banjarmasin, Kadinkes Targetkan Segera ke Level 1

SuarIndonesia – Terhirtung Selasa (12/10/2021), dua kota di luar Jawa yakni PPKM Banjarmasin (Kalimantan Selatan) dan Padang (Sumatera Barat) telah turun level.

Hal ini ditegaskan Ketua Komite Penanganan Covid-19, Airlangga Hartato dalam konferensi pers virtual lewat kanal Youtube, Senin (11/10/202).

Hanya saja pada keterangannya, Menko Perekonomian itu tak menyebut PPKM Banjarmasin dan Padang turun level ke berapa.

Namun, Airlangga menegaskan enam daerah itu tetap mendapat atensi khusus dari pemerintah pusat, karenanya status PPKM level 4 tetap bertahan.

Enam daerah yang dimaksud adalah Kabupaten Pidie, Kabupaten Bangka, Kota Padang, Kota Banjarmasin, Kabupaten Bulungan dan Kota Tarakan. Sementara, Padang dan Banjarmasin masih akan tetap menerapkan PPKM Level 4 hingga evaluasi berikutnya pada 18 Oktober 2021.

Dari posisi positivity rate, Airlangga mengatakan mulai Pidie, Bangka, Padang, Bulungan dan Tarakan telah mengalami penurunan. Yang jadi sorotan juga menyngkut target pemeriksaan Covid-19, karena vaksinasi empat daerah rata-rata di bawah nasional.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengungkapkan berdasar keputusan pemerintah pusat melalui Komite Penanganan Covid-19 telah menurunkan level PPKM Banjarmasin dari 4 ke 3.

“Ya, PPKM Banjarmasin turun level satu tingkat dari sebelumnya level 4 menjadi level 3. Atas keputusan pemerintah pusat ini, kami mengimbau agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes),” kata Machli , Senin (11/10/2021).

Menurut dia, hal itu sangat penting karena sebuah indikator kebersihan Banjarmasin dalam mengendalikan laju penyebaran Covid-19 bersama-sama dengan masyarakat. Terutama lagi dibantu penuh personel TNI/Polri.

“Upaya keberhasilan ini harus tetap dipertahankan dan terus ditingkatkan target Banjarmasin untuk bisa menerapkan PPKM level 1,” kata mantan Wakil Direktur RSUD Ulin Banjarmasin ini.

Machli haqul yakin PPKM Banjarmasin bisa turun level terendah, kuncinya ada pada masyarakat yang disiplin dengan prokes Covid-19.

“Di samping itu, untuk capaian vaksinasi tahap pertama Banjarmasin sudah mencapai 56 persen. Sedangkan. vaksinasi tahap kedua per Oktober 2021 ini telah di angka 38 persen,” imbuhnya.(SU)

 157 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!