MASIH Kurang Ratusan Ekor Hewan untuk Kurban di Kalsel

MASIH Kurang Ratusan Ekor Hewan untuk Kurban di Kalsel

SuarIndonesia – Diperkirakan kebutuhan hewan kurban pada hari raya Iduladha 2022 atau 1443 hijriyah mencapai 12.066 ekor sapi. Ketersediaan sapi saat ini hanya 11.424 ekor atau masih kekurangan sebanyak 642 ekor sapi.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, Rina Savita, mengatakan kekurangan tersebut nantinya dapat terpenuhi sampai saat menjelang perayaan Iduladha mendatang.

“Pasokan hewan kurban sendiri saat ini, didatangkan dari daerah yang bebas virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) seperti daerah NTT, serta Sulawesi,” katanya.

Meski masih kekurangan, Rina masih yakin kebutuhan hewan ternak di Kalsel dapat memenuhi kebutuan sebelum pelaksanaan ibadah kurban pada bulan Juli mendatang.

Kalsel masih bisa mendatangkan hewan kurban dari daerah-daerah yang terbebas dari wabah PMK, semisal dari pulau Sulawesi maupun Nusa Tenggara.

“Kami yakin dapat terpenuhi hewan kurban di Kalsel, karena masih bisa dipasok dari daerah-daerah yang bebas PMK. Ada dari Sulawesi, ada dari NTT (Nusa Tenggara Timur),” tutur Rina.(RW)

 55 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!