KAPOLDA KALSEL Mencanangkan Sasirangan Seragam Bebas Anggota dan ASN Berkaitan Turut Memajukan UKM Banua

KAPOLDA KALSEL Mencanangkan Sasirangan Seragam Bebas Anggota dan ASN Berkaitan Turut Memajukan UKM Banua

SuarIndonesia – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, Irjen Pol Dr Nico Afinta SIK SH MH, mencanangkan Sasirangan sebagai seragam bebas bagi anggota Polri dan ASN, yangf berkaitan pula memajukan UKM (Usaha Kecil, Menengah) di Banua ini.,

Itu ketika kapolda kunjungan ke Kampung Sasirangan di Kelurahan Sungai Jingah Kota Banjarmasin, Jumat (16/10/2020).

Kapolda didampingi Wakapolda, Brigjen Agung Budiono, Penjabat Sekdaprov Kalsel Roy Rizali, Sekretaris Dinas Pariwisata Kalsel, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin dan lainnya.

Ketika itu, kapolda Kalsel beserta rombongan melihat langsung UKM Kampung Sasirangan dalam rangka pencanangan penggunaan pakaian Sasirangan bagi ASN seragam bebas bagi anggota Polri

‘Batik khas Kalimantan Selatan bernama Sasirangan yang merupakan budaya lokal patut dibanggakan.

Salah satu bentuk budaya lokal yang digunakan yakni baju dengan bahan kain Sasirangan.

Saya mendukung budaya lokal Batik kain Sasirangan dengan cara menginstruksikan seluruh anggota khususnya personil Reserse dan Intel dari tingkat Polda, Polres/Ta, Polsek hingga Bhabinkamtibmas wajib setiap hari Jumat menggunakan Batik Sasirangan,” ucap Kapolda Kalsel.

Dengan anggota menggunakan Batik Sasirangan, lanjut Kapolda, pastinya istri, anak dan keluarganya pun tentu akan menggunakan Batik Sasirangan.

Dalam budaya lokal ini banyak makna yang tersirat dalam setiap motif/pola yang ada di Batik Sasirangan.

“Seperti pola kehidupan dalam tanaman, sehingga kita sebagai manusia juga bisa memberikan kegunaan kepada orang lain,” tamahnya.

Dikatakan kapolda, setiap ada kunjungan ke daerah di Kalimantan Selatan khususnya di Kota Banjarmasin pastinya warga akan diarahkan ke Kampung Sasirangan yang berada di Kelurahan Sungai Jingah guna membudayakan, mengharumkan dan melestarikan budaya lokal.

“Saya kira dengan kita bersama-sama antara Pemerintah Daerah, Polri dan TNI dalam memperhatikan budaya dan UKM tentunya ekonomi daerah akan meningkat dan berjalan dengan baik khususnya di situasi Pandemi Covid-19 saat ini,” tuturnya.

Terhadap jajaran, kapolda berpesan untuk perhatian kepada budaya lokal serta meningkatkan kegiatan sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian secara keseluruhan.

“Tidak hanya Sasirangan saja yang dilihat, nanti ke depannya saya akan melihat industri makanan kecil seperti ikan yang diawetkan, madu yang dapat memperkuat tubuh dalam menghadapi wabah Virus Covid-19,” bebernya.

Pada kunjungan, kapolda juga berkesempatan memberikan tali asih berupa 60 kotak sembako dan 300 pcs masker kepada perwakilan UKM perajin Sasirangan dan Kuliner Kota Banjarmasin. (ZI)

 360 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: