KALSEL Diminta Ekspor Beras ke Negara Lain

SuarIndonesia – Akibat konflik Rusia dan Ukraina Kementerian Pertanian (Kementan) menginstruksikan sejumlah provinsi di Indonesia menjadi eksportir kebutuhan pangan. Salah satu daerah yang mendapat instruksi adalah Provinsi Kalsel.

“Kami sangat menyambut baik dan siap melakukan ekspor beras ke negara lain, dikarenakan setiap tahun produksi beras di Kalsel selalu surplus,” kata Kepala Dinas Tanaman dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Syamsir Rahman.

Diuraikan Syamsir, untuk meningkatkan produksi beras pihaknya mengimbau kepada para petani, saat musim kemarau menanam padi jenis unggul.

Disebutnya padi jenis unggul lebih mudah beradaptasi di musim kemarau daripada padi jenis lokal.

“Kalau kita menanam padi jenis unggul, kita juga akan menahan adanya serangan hama tungro, karena serangan hama ini hanya terdapat di padi jenis lokal seperti beras siam dan beras siam mayang,” jelasnya.

Perkiraan ketersediaan beras selama 2022 mencapai 1.532.740 ton, sedangkan kebutuhan 358,810 ton. Surprus beras mencapai 1.173.930 ton.

“Kita akan melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk penanaman padi jenis unggul ini,” pungkasnya.(RW)

 132 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!