DILAUNCHING, Gerakan Kurban Tanpa Kantong Plastik di Banjarmasin

SuarIndonesia – Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin menggelar launching Gerakan “Kurban Asyik Tanpa Sampah Plastik” yang berlangsung di Lobby Balai Kota Banjarmasin.

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina bersama Wakil Wali Kota H Arifin Noor melaunching kegiatan tersebut, turut hadir dalam kegiatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Alive Yoesfah Love, beserta sejumlah pengurus masjid yang berada di Kota Banjarmasin.

H Ibnu Sina menyampaikan imbauan tentang pengurangan kantong plastik pada saat pembagian daging kurban nanti.

“Saya berharap perwali nomor 18 tahun 2016 diberlakukan. Sehingga masjid, langgar, mushalla yang melaksanakan ibadah kurban di kota Banjarmasin kita imbau dan 21 masjid tadi perwakilan untuk hadir di sini untuk menerima bakul purun dari Pemerintah Kota Banjarmasin kurang lebih hampir 1.800 lah,” ungkapnya.

DILAUNCHING, Gerakan Kurban Tanpa Kantong Plastik di Banjarmasin-2

Ia mengimbau agar panitia kurban berkoordinasi dengan DLH, supaya ada prosedur ketika penyembelihan hewan kurban itu terkait dengan pembuangan serta limbahnya baik bentuk darah kurban atau potongan daging lainnya itu dikubur.

“Jangan sampai nanti dibuang ke sungai yang menimbulkan limbah yang berbulan-bulan itu baru terurai dan sangat mengganggu kebersihan sungai-sungai kita. Jadi saya ingin agar tahun ini bisa diawasi betul panitia kurban,” tambahnya.

Kemudian, H Ibnu Sina berharap pelaksanaan gerakan “Kurban Asyik Tanpa Sampah Plastik” tersebut dapat berjalan dengan lancar, agar Kota Banjarmasin menjadi kota bebas kantong plastik.

“Saya kira ini sudah 3 tahun gerakannya dan didukung oleh semua masjid dan mudah-mudahan tahun lebih banyak lagi masjid, langgar, mushalla yang mengikuti imbauan ini,”pungkasnya.

“Minta tolong difoto aja pembuang sampah plastik sembarangan kemudian dikirim ke e-Lapor kita, atau divideokan kirim ke media sosial biar diberi efek jera aja. Jangan sampai ini terulang lagi setiap tahun,” tutupnya.(SU)

 111 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!