BUKAN BATAL, Ditunda Pembongkaran Pasar Batuah

BUKAN BATAL, Ditunda Pembongkaran Pasar Batuah

SuarIndonesia – Rencana penertiban bangunan di atas lahan Pasar Batuah Banjarmasin, memang diputuskan untuk ditunda oleh jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin. Namun hal tersebut bukan berarti program revitalisasi Pasar Batuah tersebut batal.

Pasalnya, rencana penertiban bangunan di kawasan pasar Batuah terus dimatangkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman mengaku rencananya, Kamis (23/6/2022) nanti, pihak dari Pemko Banjarmasin berencana mendatangi Komisi Nasional Hak Asasi Nasional (Komnas HAM) RI untuk meminta kepastian agenda mediasi.

“Kita mau ke Komnas HAM minta kejelasan waktu yang rencana mau jadi mediator. Karena di surat yang kita terima tidak menjelaskan mengenai waktu. Sedangkan Pemko perlu cepat,” ucaphya saat ditemui awak media di Balai Kota, Senin (20/06/2022) sore.

Baca Juga :

SAH DITUNDA Penertiban Pasar Batuah Sampai Proses Mediasi Komnas HAM

Dalam pertemuan tersebut, Sekda Ikhsan mengaku bakal menyampaikan keterangan yang berkaitan dengan program strategis Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin tersebut.

“Kita juga akan menyampaikan beberapa keterangan dari versi kami. Sekarang ini keterangan baru dari versi mereka (warga),” ungkapnya.

Dijelaskannya, bahwa proses penertiban lahan ini harus segera dilaksanakan, karena berkaitan dengan program pembangunan dari pusat.+, Yakni revitalisasi pasar Batuah.

“Tidak ada yang menghalangi sebenarnya. Semua dokumen kita ada dan lengkap,” tukasnya.

Karena itu, Sekda Ikhsan berharap, agar proyek revitalisasi pasar Batuah dapat segera berjalan. Mengingat bantuan dana dari Pemerintah Pusat senilai miliaran rupiah itu belum tentu akan didapatkan lagi di lain waktu.

“Semoga bisa dimulai dalam bulan ini juga. Sehingga wajah Kota Banjarmasin juga bisa lebih bagus,” harapnya.

Sebelumnya diberitakan, rencana pembongkaran bangunan di lahan pasar Batuah, Sabtu (18/06) kemarin akhirnya ditunda.

Baca Juga :

GABUNGAN APARAT Tutup Akses Menuju Pasar Batuah, Warga Protes Memblokade Sembari Bersholawat

Alhasil, aparat gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, TNI/Polri pun akhirnya ditarik mundur dari lokasi.

“Dari beberapa pertimbangan dan negosiasi dengan masyarakat serta melihat kondisi di lapangan, maka penertiban ditunda,” ucap Ikhsan.

Selain itu, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI ternyata juga menyurati Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, terkait rencana revitalisasi Pasar Batuah.

Ada sejumlah hal yang ditekankan Komnas HAM RI, dalam suratnya bernomor 414/K/MD.00.00/VI/2022, itu.

Pertama, menunda rencana penggusuran dan tindakan yang dapat menimbulkan konflik fisik. Sampai dengan dicapainya solusi bersama yang dapat diterima oleh kedua belah pihak, hingga tercapai solusi bersama.

Kedua melakukan pendekatan dan komunikasi persuasif kepada warga agar tercipta situasi yang kondusif.

Dan ketiga mencegah dan menghindari potensi eskalasi konflik dengan cara mengedepankan perlindungan dan pemenuhan hak asasi manusia.

“Kami sangat menghargai surat dari Komnas HAM dan juga bersedia menjadi mediator. Kami akan menunggu bagaimana nanti bentuk mediasinya,” ungkap Ikhsan yang juga Ketua Tim Percepatan Pembangunan Pasar Batuah. (SU)

 64 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!