Tiga Tahun Ibnu-Herman, Bagi 5 Ribu Bakul Gratis di Lima Pasar Tradisional

Tiga Tahun Ibnu-Herman, Bagi 5 Ribu Bakul Gratis di Lima Pasar Tradisional

Suarindonesia – Guna mengurangi sampah plastik di Banjarmasin, dalam rangka peringatan tiga tahun kepemimpinan Waliokta H Ibnu Sina dengan Wakilnya H Hermansyah membagikan 5 ribu bakul purun ke berbagai pasar tradisional di Kota Seribu Sungai ini, Kamis (14/2).

Walikota H Ibnu Sina memulai membagi bakul purun di Pasar Teluk Dalam Banjarmasin mulai pukul 08.30 WITA, dan Wakil Walikota H Hermansyah melakukan pembagian bakul purun di Pasar Pandu Banjarmasin.

Kegiatan pembagian bakul purun yang ditargetkan 1 juta bakul tersebut merupakan awal. Peluncuran dan akan dilanjutkan secara kontiyu sampai pada warga yang sedang belanja namun tidak membawa kantongan atau dibagi kepada pedagang di pasar.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengatakan, pembagian bakul ini berkaitan dengan langkah bagaimana agar masyarakat semangat tidak lagi menggunakan kantongan plastik sebagai kantongan belanjaan berbahan plastik.

Jadi, katanya, pembagian bakul ini diharapkan menjadi kebiasaan dan merubah mindset masyarakat bahwa menggunakan bakul adalah lebih ramah lingkungan.

“Yang pertama dibangun adalah semangat masyarakat, dengan pembagian bakul ini mudahan apa yang kita harapkan dalam mengurangi sampah plastik di kota tercinta ini terwujud,” katanya di sela pembagian bakul kepada pelanggan dan pedagang di Pasar Teluk Dalam.

Sedangkan Wakil Walikota H Hermansyah mengatakan kegiatan bagi bakul dilaksanakan serentak di lima pasar di Banjarmasin yakni Pasar Teluk Dalam, Pasar Pandu, Pasar Cemara, Pekauman, dan Banjar Raya.

“Hari ini total yang dibagikan sekitar 5 ribu bakul di lima pasar yang ada di Banjarmasin,” katanya.

Politisi PDIP Kalsel ini melanjutkan, 5 ribu bakul yang dibagikan merupakan program pihaknya yang dinamai ‘sejuta bakul’. Di mana pembagian bakul nantinya akan kembali dilaksanakan ke berbagai pasar tradisional lainnya.

“Setelah ini nanti akan dilakukan ke seluruh pasar tradisonal di Banjarmasin,” ungkap H Hermansyah.

Salah satu pembeli di Pasar Teluk Dalam, Yanti mengapresiasi upaya pemko dalam mengurangi sampah plastik. Ia mengaku, setelah ini akan membiasakan menggunakan kantongan berbahan ramah lingkungan.

Sedangkan bakul yang dibagikan pada acara merupakan kerjasama antar SKPD dan perusahaan daerah Pemko Banjarmasin.

Dari itu, setiap instansi diminta menyumbangkan 100 buah bakul yang antaranya Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, DPRD Kota Banjarmasin, PDAM Bandarmasih, Bakeuda Kota Banjarmasin dan Diskominfo Banjarmasin, serta instansi lainnya.(SU)

 267 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: