TERKENDALA Musim Peceklik, Pasokan Bawang Merah ke Kalsel Menurun

SuarIndonesia– Kepala Dinas Perdagangan Kalsel Birhasani mengatakan memang ada kenaikan harga bawang dipasaran dalam beberapa hari terakhir namun harganya masih bisa terkontrol.

“Ini masalah nasioanal sebab produksi di sentranya, seperti daerah Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi, terkendala adanya musim peceklik hingga pasokan untuk bawang merah menurun,” katanya Kamis (23/6/2022).

Menurutnya, penurunannya pun sangat tajam. Biasanya mendatangkan 300 hingga 400 ton, dengan keadaan seperti sekarang hanya bisa sekitar 20 persen didatangkan.

“Makanya banyak terdapat di agen agen sentra penjualan bawang merah di Kota Banjarmasin, seperti Pasar Harum Manis dan Sentra Antasari stok kosong,” ucapnya.

Lanjutnya, Dinas Perdagangan Kalsel sudah menanyakan ke Dirjen Perdagangan Dalam Negeri dan disampaikan bahwa ini masalah nasional dan mengusulkan kepada Dirjen untuk impor bawang merah.

“Beberapa pertimbangan saat diusulkan import bawang guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Namun tidak bisa dikarenakan satu bulan ke depan petani bawang merah akan panen.

Sehingga stok mulai tersedia seperti sediakala, jika tetap dipaksakan impor akan mengakibatkan harga bawang merah akan jatuh, tentunya kasihan para petani,” tutupnya (HM)

 153 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!