RATUSAN APK Jadi Sorotan Bawaslu Kota Banjarmasin, Diduga Langgar PKPU

RATUSAN APK Jadi Sorotan Bawaslu Kota Banjarmasin, Diduga Langgar PKPU

SuarIndonesia – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin menemukan ratusan dugaan pelanggaran pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) dalam perhelatan Pemilihan Walikota (Pilwali) Banjarmasin tahun 2020.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Komisioner Bawaslu Kota Banjarmasin, Subhani saat ditemui awak media di Kantor Bawaslu Kota Banjarmasin, Rabu (21/10) siang.

“Sebanyak 804 APK menjadi temuan Bawaslu Banjarmasin yang diduga melanggar ketentuan yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, dugaan pelanggaran pemasangan APK tersebut tidak hanya datang dari segi tata letaknya saja, namun juga berdasarkan ukuran yang tidak sesuai dengam peraturan yang sudah ditetapkan.

“Ada yang tidak sesuai penempatan dan ada juga ketidaksesuaian ukuran dan jumlah yang dipasang setiap kecamatan dan kelurahan dengan PKPU yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Ia membeberkan, jumlah tersebut merupakan total keseluruhan temuan yang didapati pihaknya sejak ditetapkannya masa kampanye pada 26 September 2020 lalu hingga Rabu 21 Oktober 2020.

“Kita sudah melakukan rekap temuan hingga tanggal 21 hari ini,” ujarnya.

Menurutnya, dugaan pelanggaran tersebut paling banyak terdapat di Kecamatan Banjarmasin Utara, dengan total jumlah 345 pelanggaran pemasangan APK. “Sementara ini yang kita temukan paling banyak itu di Banjarmasin Utara,” sambungnya.

Oleh karena itu, sebagai lembaga yang mengawasi jalannya proses pesta demokrasi di Bumi Kayuh Baimbai ini, pihaknya sudah menyerahkan perihal tersebut kepada KPU Kota Banjarmasin melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) masing-masing.

“Ini kan temuan di setiap kecamatan, Jadi ke PPK, tetapi tembusannya kita sampaikan juga ke KPU kota Banjarmasin,” pungkasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data yang berhasil dihimpun awak media, rincian total dugaan pelanggaran pemasangan APK yang dilakukan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel serta Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin adalah sebagai berikut.

Kecamatan Banjarmasin Utara terdapat 345 dugaan Pelanggaran 137 di antaranya pelanggaran tempat pemasangan, seperti pohon, tiang listrik dan fasilitas publik lainnya.

Kemudian Kecamatan Banjarmasin Timur terdapat sebanyak, 82 dugaan pelanggaran, 17 di antaranya pelanggaran tempat pemasangan.

Sedangkan di Kecamatan Banjarmasin Selatan, 136 dugaan pelanggaran. 13 diantaranya, pelanggaran tempat pemasangan.

Lalu, Kecamatan Banjarmasin Tengah, terdapat 193 dugaan pelanggaran dengan 23 dugaan pelanggaran tempat pemasangan.

Terakhir, Kecamatan Banjarmasin Barat terdapat sebanyak 48 APK yang diduga melanggar ketetapan PKPU yang mana 11 di antaranya melanggar tempat pemasangan.(SU)

 501 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: