POLISI Temukan Diduga Alat Skimming di Salah Satu ATM Bank Kalsel

SuarIndonesia – Penyidik Subdit V Tipidsiber Dit Reskrimsus Polda Kalsel menemukan alat bukti diduga  skimming yang  di salah satu lokasi ATM (Anjungan Tunai Mandiri Bank Kalsel.

Itu  dibenarkan Direktur Reskrimsus Polda Kalsel, Kombes Pol Suhasto melalui Kasubdit V Tipidsiber, Kompol Ricky B Sialagan.

“Lokasi di ATM Bank Kalsel di SMKN 5 Banjarmasin,” kata Kompol Ricky, pada wartawan, Jumat (5/8/2022).

ATM Bank Kalsel yang dimaksud berada di Halaman Kompleks SMKN 5 Banjarmasin  di Jalan Soetoyo S, Pelambuan, Banjarmasin Barat.

Tak seperti alat skimming bermetode pindai kartu seperti yang diketahui banyak digunakan dalam praktik kejahatan skimming.

Alat diduga skimming yang ditemukan dalam kasus ini terpasang pada kabel jaringan internet.”Posisi terpasang pada kabel LAN, semacam router,” tambahnya.

Terkait mekanisme dan cara kerja alat tersebut kata dia masih akan didalami melibatkan ahli dari Laboratorium Forensik Kepolisian. “Nanti ahli yang menjelaskan terkait itu,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya, Manajemen Bank Kalsel melapor ke Dit Reskrimsus Polda Kalsel atas adanya dugaan kejahatan skimming yang menimpa 94 nasabahnya.

Pada dugaan aksi skimming yang diketahui terjadi pada Senin (1/8/2022) menyebabkan saldo tabungan puluhan nasabah tersebut berkurang secara misterius.

Setelah diverifikasi, Tim Penanganan Skimming Bank Kalsel menyimpulkan total dana yang raib dari 94 nasabah tersebut mencapai total Rp 1,9 miliar.

Hal ini lah yang menjadi dasar pelaporan Manajemen Bank Kalsel ke Polda Kalsel pada Selasa (2/8/2022). (ZI)

 262 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!