Penghargaan Peduli HAM Diraih 12 Kabupaten dan Kota di Kalsel

Penghargaan Peduli HAM Diraih 12 Kabupaten dan Kota di Kalsel

Suarindonesia – Dari 13 kabupaten dan kota di Kalsel, 12 daerah mendapat penghargaan Peduli HAM, hanya satu daerah Cukup Peduli HAM. Penghargaan ini diberikan dalam rangka pringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) yang jatuh 10 Desember mendatang.

Penyerahan apresiasi akan langsung diberikan oleh Presiden RI, Joko Widodo, Senin (10/12/2018) mendatang.

Kepala Bidang Hak Asasi Manusia (HAM) Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan, Rosita Aperawati menyebut penghargaan juga atas diberikan untuk dua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenkumham Kalsel, yakni, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin dan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA.

“Ini merupakan sebuah prestasi tersendiri. Hanya Provinsi Kalsel yang seluruh kabupaten/kota meraih penghargaan peduli dan cukup peduli HAM dibanding provinsi lainnya di Pulau Kalimantan,” kata Rosita kepada wartawan, Kamis (6/2) di ruang kerjanya.

Lantas, apa indikator penghargaan peduli HAM sampai bisa diserahkan kepada semua kabupaten dan kota di Kalsel? Mengacu informasi dari Kemenkumham RI, tujuh kelompok hak harus terpenuhi. Meliputi hak atas kesehatan, pendidikan, hak perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan yang berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkumham Kalsel, Subianta Mandala menyampaikan, capaian tahun ini boleh dibilang lebih baik ketimbang tahun 2017.

“Pada tahun lalu hanya 11 kabupaten/kota memperoleh penghargaan peduli HAM. Sekarang ada peningkatan menjadi 12 kabupaten/kota yang peduli HAM dan 1 kabupaten memperoleh penghargaan cukup peduli HAM.

“Diharapkan tahun berikutnya bisa semua kabupaten/kota di Kalsel mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM,’’ demikian Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkumham Kalsel, Subianta Mandala.(SU)

 200 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: