FOLU Net Sink, Kalsel Berkomitmen Menjaga Kelestarian Alam

SuarIndonesia – Pembukaan sosialisasi Indonesia’s FOLU net sink 2030 region Kalimantan ditandai dengan penanaman 500 bibit pohon di kawasan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru, Kamis (7/7/2022).

Seremoni pembukaan sosialisasi FOLU net sink 2030 dibuka langsung Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar, yang mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

H. Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin berkomitmen terus mendukung dan menjaga kelestarian alam.

Dukungan tersebut, ujar Paman Birin hadir dalam bentuk aksi nyata, yakni gerakan Revolusi Hijau yang sudah dimulai sejak tahun 2017.

“Melalui program Revolusi Hijau, hingga tahun 2022 ini kita mampu merehabilitasi hutan dan lahan kritis lebih dari 122 ribu hektare,” papar gubernur.

Paman Birin menyatakan, Pemprov Kalsel akan terus menggelorakan gerakan Revolusi Hijau secara berkelanjutan, apalagi dengan posisi Kalsel sebagai gerbang IKN.

“Kalsel bertekad menjadi bagian terdepan dalam memberikan kontribusi untuk pemulihan perubahan iklim,” tegas Paman Birin.

Sementara itu, Plt. Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian LHK RI, Ruandha Agung Sugardiman, mengatakan ada 500 bibit pohon yang ditanam dalam kegiatan FOLU net sink tersebut.

“Sebanyak 500 bibit dengan berbagai jenis, pada kesempatan ini kita tanam, mudah-mudahan menjadi semangat kita untuk berkontribusi di dalam Indonesia memenuhi komitmennya di Internasional menurunkan emisi rumah kaca 2030 nanti,” ucap Ruandha.

Upaya nyata yang bisa dilakukan oleh Kalimantan Selatan ujar Ruandha adalah dengan pengendalian Karhutla dan peningkatan cakupan lahan hutan.

“Adanya Taman Hutan Hujan Tropika merupakan upaya nyata dari peningkatan cakupan lahan hutan di Kalsel,” tambahnya.(RW)

 177 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!