Elpiji Tepat Sasaran, Pemko Benahi Penyaluran

Elpiji Tepat Sasaran, Pemko Benahi Penyaluran
Doyo saat mendapatkan ucapan selamat dari Walikota H Ibnu Sina

Suarindonesia – Pemko Banjarmasin melalui Asisten II Bidang Perekonomian Pemko Banjarmasin, Ir H Doyo Pudjadi, menegaskan pihaknya berjanji akan menertibkan pangkalan-pangkalan elpiji tak berizin karena akan berdampak ke penyelewengan gas subsidi warga miskin.

“Saya lihat cukup banyak pangkalan elpiji itu hanya pergeseran dari pangkalan minyak tanah dan tidak mendapatkan izin pangkalan elpiji. Ini akan kita tertibkan,” katanya.

Menurut Doyo, penertiban terhadap pangkalan tak berizin akan ditertibkan untuk segera membuat izin usaha dengan sejumlah syarat. Di antaranya, wajib mendistribusikan elpiji subsidi radius sekian meter dari posisi pangkalan elpiji subsidi.

“Jika ada keluhan berulang-ulang dari warga sekitar karena pangkalan tak menjual ke warga sekitar, maka kita akan tegur pangkalan tersebut,” katanya.

Dijelaskan Doyo, akar masalah penyelewengan gas melon itu ada titik nol, yakni pangkalan. Selama ini terkondisi, pangkalan mendistribusikan gas subsidi ke industri sehingga bisa mendapatkan untung lebih banyak.

“Kita akui kontrol terhadap pangkalan selama putus. Ini yang akan kita perbaiki. Tak adanya kontrol terhadap elpiji, akhirnya muncul pengecer-pengecer yang menjual gas melon dengan harga mahal,” katanya.

Doyo menegaskan Pemko Banjarmasin akan membuat regulasi agar para pangkalan ini tak lagi menjual elpiji ke pengecer atau ke industri sehingga warga miskin lah yang harus diutamakan.

Saat tak ada kontrol dan aturan tidak kuat, maka selamanya pangkalan akan memainkan elpiji subsidi ini. “Memainkan dalam arti menjual elpiji ke orang yang tidak berhak,” katanya.(SU)

 190 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: