Dispersip Adakan Uji Kompetensi

Dispersip Adakan Uji Kompetensi
Sebanyak 16 peserta mengikuti uji kompetensi di Dispersip Kalsel. (Foto: ammar/suarindonesia.com)

Suarindonesia – Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kalimantan Selatan bersama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melaksanakan uji kompetensi bagi para pustakawan baru dan syarat naik jabatan, di ruang khusus uji kompetensi Dipersip Km 6 Banjarmasin pada kamis (20/09/2018).

Sebanyak 16 peserta dari staf biasa ataupun pustakawan mengikuti uji kompetensi tersebut. Diharapkan tingkat golongan pustawakan meningkat dari sebelumnya serta para staf biasa berharap akan menjadi fungsional di perpustakaan masing masing sesuai dengan kebutuhan.

Terlihat keseriusan puluhan peserta mengisi lembar pertanyaan yang telah dibawa oleh perpustakaan pusat langsung dari Jakarta yang nantinya menjadikan tolak ukur tingkat kemampuan dari tiap peserta.

Kasi Pembinaan Perpustakaan Arbayah mengatakan, diadakannya uji kompetensi untuk para pustakawan yang ingin naik level lebih tinggi. Sementara bagi yang inpassing yang belum mendapatkan sertifikat sebagai pustakawan untuk menjadi pustakawan yang diakui daerah.

“Ini merupakan uji kompetensi yang akan mempengaruhi kerja nanti mereka di perpustakaan,” ucapnya.

Ditambahkannya, peserta berasal dari SKPD provinsi, kota/kabupaten, perguruan tinggi dan instansi lainnya. Untuk data ujian inpassing sekitar 8 orang dan ujian kenaikan tingkat 8 orang.

“Paling jauh datang dari Dispersip Tabalong, Tanjung,” sebutnya.

Sementara itu, Penguji Sidiq Saputro, Pustakawan Nasional Perpunas RI sekaligus penguji kompetensi mengatakan, uji kompetensi pustakawan yang bagi mereka ingin naik jenjang jabatan dan mereka calon pustakawan yang ingin menjabat sebagai pustakawan.

Hal senada Kadis Dipersip Kalsel Hj Nurliani Dardie yang mengatakan bahwa uji kompetensi pustakawan ini sudah beberapa kali digelar, agar tingkat profesionalisme seorang pustakawan di Kalimantan Selatan semakin baik dan minat dalam menjadi pustakawan semakin banyak.

“Saya mengharapkan penuh dari para pustakawan kalsel agar tetap menjadi pustakawan yang memiliki tekad kuat di dunia literasi,” pungkasnya. (AR)

 264 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: