Tekan Kesalahan SKPD, Bakeuda Sosialisasi SSH

Tekan Kesalahan SKPD, Bakeuda Sosialisasi SSH

Suarindonesia – Guna mendorong efektivitas dan efisiensi dalam program kerja dan proyek satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin, Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) gelar sosilisasi Standar Satuan Harga (SSH) antar SKPD di lingkungan pemerintah Kota Banjarmasin.

Kepala Bidang Anggaran Bakeuda Kota Banjarmasin, Drs H Edy Wibowo mengatakan dalam penyusunan anggaran yang dapat dipertanggungjawabkan secara detail harus mengandung isi materil-materil yang sesuai dengan standar satuan Harga (SSH) yang sudah ditentukan.

Ia menyebutkan hal yang paling umum dalam setiap SKPD adalah alat tulis kantor (ATK). Dan ATK tersebut juga harus memiliki standar satuan harga demi efisiensi penggunaan anggaran dana dan pembuatan surat pertanggung jawaban berupa laporan pertanggung jawaban (LPJ).

“Semisal ATK saja ini harus memiliki standarnya, agar SKPD yang satu dengan yang lainnya memiliki batasan, memiliki harga maksimal. Meskipun di sisi lain tiap SKPD ini pasti memiliki kebutuhan yang berbeda beda, dan seluruh materil yang dibutuhkan pun juga harus memiliki standar satuan harga ini,” ucap Edy kepada wartawan(29/4).

Di sisi lain Edy tak menampik jika di lapangan bisa saja terjadi hal yang diluar perkiraan, seperti melonjaknya nilai jual materil yang dibutuhkan SKPD. Namun ia memberi saran agar SKPD dapat jeli melihat dan membaca pergerakan harga berbagai materil di pasaran.

“Makanya saat sosialisasi tadi kita tanya dalam tiga bulan terakhir ini ada kah barang yang mengalami harga melonjak, tapi kan mereka jawab tadi tidak ada. Oleh karena itu kita lanjutkan lah sosialisasi ini hingga diharapkan ke depannya RDA maupun LPJ ini dapat lebih efisiensi,”‘ujlllnar Edy.

Kemudian Edy mengaku belum bisa merinci secara detail sebab dari satu SKPD saja sudah puluhan atau ratusan macam materil dan SKPD di lingkup pemerintah Kota Banjarmasin mencapai 40 SKPD.

“Ya kita berharap tadi intinya, dengan sosialisasi ini pastinya dapat lebih efisiensi. Meskipun baru 7 SKPD yang langsung cepat tanggap akan sosialisasi standar satuan harga ini,” pungkas Edy.(SU)

 461 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: