SULTAN KHAIRUL SALEH ‘Badadapatan’ dengan Bubuhan Banjar Kepri dan Ziarah ke Makam Syekh Syihabuddin bin Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari

SULTAN KHAIRUL SALEH ‘Badadapatan’ dengan Bubuhan Banjar Kepri dan Ziarah ke Makam Syekh Syihabuddin bin Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari
Sultan H Khairul Saleh bersilaturrahim atau ‘badadapatan’ dengan Kerukunan Bubuhan Banjar (KKB) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kota Tanjungp Pinang dan Kabupaten Bintan dan ziarah ke makam Syekh Syihabuddin bin Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari di Pulau Penyengat.(Foto/Ist)

SuarIndonesia – Kerukunan Bubuhan Banjar (KKB) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kota Tanjungp Pinang dan Kabupaten Bintan akhirnya dapat bersilaturrahim dengan Sultan Banjar, Sultan H khairul Saleh Al Mu”thasim di Kota Tanjung Pinang, Kabupaten Bintan, Kepri, belum lama ini.

“Kami bersyukur kepada Allah dapat bertemu langsung dengan Paduka sultan. Ini sebuah anugerah karena kami dipertemukan Allah dengan Sultan kami yang merupakan pemangku adat orang Banjar di mana pun berada,” ungkap Fajrin Sihab, Wakil Ketua KBB Kepri.

Sultan H Khairul Saleh bersilaturrahim atau 'badadapatan' dengan Kerukunan Bubuhan Banjar (KKB) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kota Tanjungp Pinang dan Kabupaten Bintan dan ziarah ke makam Syekh Syihabuddin bin Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari di Pulau Penyengat

“Kami terdiri dari pengurus KBB Provinsi Kepri, KBB Kota Tanjung Pinang, KBB Kabupaten Bintan, Laskar Banjar Dalas Hangit, Ormas Pangeran Antasari, Dewan Adat Dayak, tokoh agama, dosen, guru guru, pengusaha dan lain sebagainya,” tutur Fajrin.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kesediaan Paduka Sultan yang sudi kiranya telah meluangkan waktu untuk bertemu dengan kami dan menyambut hangat penuh kebahagian. Semoga ini bukan pertemuan yang terakhir, tapi ini adalah awal yang baik bagi kami Kerukunan Bubuhan Banjar Provinsi Kepri,” kata Fajrin.

Sultan H Khairul Saleh bersilaturrahim atau 'badadapatan' dengan Kerukunan Bubuhan Banjar (KKB) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kota Tanjungp Pinang dan Kabupaten Bintan dan ziarah ke makam Syekh Syihabuddin bin Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari di Pulau Penyengat

Yang mencengangkan dari silaturrahim itu terungkap kalau orang Banjar yang tersebar di Kepri sekitar 40.000 jiwa. “Dengan bertemu Sultan, kami mendapatkan informasi berupa pencerahan terkait keberadaan suku Banjar yang ada di perantauan,” ujar Fajrin Sihab.

Sultan Khairul Saleh lantas mengingatkan agar orang Banjar di perantauan untuk tetap menjaga marwah agama Islam dan adat Banjar dan terus cangkal dalam berusaha dan menuntut ilmu.

Sultan juga berharap ke depan ada orang Banjar yang sukses dan terjun ke dunia politik.

Sultan juga mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada tuan rumah, Hamid Rizal yang telah memfasilitasi pertemuan dengan masyarakat Banjar di Kepri.

Pertemuan berlangsung di kediaman tokoh masyarakat Kepri Hamid Rizal mantan Bupati Natuna yang juga Ketua DPW PAN Kepri.

Usai silaturrahim dengan Kerukunan Bubuhan Banjar Kepri, Sultan H Khairul Saleh juga melakukan ziarah ke makam anak Datuk Kalampayan, yaitu Syekh Syihabuddin bin Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari di Pulau Penyengat.

Syekh Syihabuddin merupakan salah satu tokoh ulama kharismatik keturunan Banjar yang ada di Pulau Penyengat. Tahun 1258 H/1842 M, raja-raja Riau di Pulau Penyengat Indera Sakti minta kesediaan Syekh Syihabuddin menjadi guru di Kerajaan Riau-Lingga.

Syekh Syihabuddin juga adalah Mufti kerajaan Riau Lingga sekaligus gurunya para sultan Riau. Makam Syekh Syihabuddin bin Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari berada di lingkungan Masjid Raya Sultan Riau-Pulau Penyengat Tanjung Pinang.

Makam keramat ini sering diziarahi kaum muslimin di Sumatera utamanya warga yang masih berdarah Banjar. Area makam juga termasuk objek wisata religi yang dikembangkan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.(RA)

 750 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: