SEMPAT Naik, Covid Kalsel Kembali Menurun

SEMPAT Naik, Covid Kalsel Kembali Menurun

SuarIndonesia – Angka penambahan kasus baru Covid-19 di Kalsel sempat mengalami kenaikan cukup tinggi mencapai angka ratusan.

Dalam 2 hari terakhir mengalami penurunan hanya berada di angka puluhan.

Pada tanggal 4 Juli lalu tercatat penambahan kasus baru 208 orang, sedangkan tanggal 5 Juli penambahan hanya 22 orang dan tanggal 6 Juli kemarin kasus baru bertambah 55 orang.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kalsel, HM. Muslim, menjelaskan saat ini terjadi pengetatan di pintu masuk sesuai dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro.

Selain itu, lanjut Muslim, juga terjadi perubahan persyaratan bagi pelaku perjalanan, yakni menunjukkan surat vaksin dan negatif PCR.

“Dengan pemberlakuan surat vaksin dan PCR sejak tanggal 5 Juli kemarin otomatis penumpang pesawat menurun. Data kemarin hanya ada 300 penumpang,” ujarnya, Selasa (6/7/2021).

Muslim meyakini terjadi penurunan penambahan kasus baru erat kaitannya dengan berkurangnya orang keluar masuk daerah.

Penambahan kasus baru banyak terjadi diawali pelaku perjalanan. Selain itu, lanjutnya, kenaikan kasus juga dikarenakan massifnya tracing dan tracking yang dilaksanakan.

Muslim bersyukur, meski sempat terjadi kenaikan kasus namun belum ditemukan covid varian delta berdasarkan laporan pemeriksaan spesimen Litbangkes Pusat.

Muslim menyebut pihaknya terus mengirim spesimen yang dicurigai varian delta.

“Spesimen yang memenuhi kriteti dikirim ke Litbangkes atau dicurigai varian delta adalah protein di bawah 25, orang yang sudah divaksin terpapar lagi, orang yang sudah terpapar sembuh terus terpapar lagi, dan orang terpapar baru perjalanan dari luar negeri.

Alhamdulillah dari spesimen yang sudah dikirim belum ditemukan varian delta,” katanya.(RW)

 280 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: