MASIH RENDAH Penyaluran Dana Desa Triwulan I Tahun 2021

MASIH RENDAH Penyaluran Dana Desa Triwulan I Tahun 2021

SuarIndonesia – Penyaluran dana desa di beberapa kabupaten masih terbilang rendah. Data sementara menunjukan penyaluran baru sebesar Rp32,20 miliar atau 21,32 persen dari target.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalsel, Zulkifli, Jumat (16/4/2021), mengaku tetap optimis sampai akhir tahun mendatang, penyaluran akan tuntas.

Dia menjelaskan, masih rendahnya penyaluran dana desa ini karena adanya regulasi baru dari pemerintah pusat untuk penggunaan dana desa, terlebih masuknya item BLT yang disalurkan ke pada masyarakat langsung.

“Saya kira ini tak rendah juga. Ini kan baru triwulan I. Apalagi ada beberapa kali pemerintah pusat meminta desa untuk merevisi anggaran mereka. Salah satunya menyisihkan 8 persen untuk penanganan Covid-19,” sebutnya Zulkifli.

Berkaca tahun lalu, penyaluran dana desa tersalur semuanya. Meski ada desa yang tak bisa disalurkan karena memang desa tersebut dihapus oleh pemerintah pusat.

“Tahun lalu terserap di atas 90 persen, ini masih on the track,” imbuhnya.

Keterlambatan penyaluran tambahnya, lantaran juga masih diverifikasinya penerima BLT.

Penyaluran BLT pun tak asal-asalan, penerima harus memang orang yang betul-betul terdampak miskin. “Verifikasi ini butuh waktu juga agar penyalurannya benar-benar tepat,” bebernya.

Dari data Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalsel, Kabupaten HST paling rendah.

Dari pagu Rp129,3 miliar, baru tersalur sebesar Rp7,7 miliar, disusul Tanah Laut yang baru tersalur sebesar Rp14,9 miliar dari pagu Rp110 miliar lebih.

Berbeda dengan HSU, daerah ini sudah menyalurkan dana desa sebesar Rp57 miliar lebih dari pagu Rp172 miliar lebih.

Dijelaskan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalsel, Sulaimansyah, dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi khususnya di akar rumput terutama dalam mendukung PPKM Mikro.

Sejak tahun lalu, pemerintah telah memanfaatkan penggunaan dana desa untuk membantu masyarakat desa terdampak Covid-19 melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Di triwulan I 2021 ini, telah direalisasi dana desa sebesar Rp325 miliar lebih. Dari realisasi tersebut, telah digunakan untuk BLT sebesar Rp 44,95 miliar yang disalurkan kepada 149.829 Keluarga Penerima Manfaat (PKM)/bulan,” terang Sulaiman.(RW)

 262 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: