104 Pati TNI Dirotasi, Danjen Kopassus Jadi Pangdam Jaya

104 Pati TNI Dirotasi, Danjen Kopassus Jadi Pangdam Jaya

Suarindonesia – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali melakukan mutasi kepada 104 perwira tinggi di lingkungan TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Beberapa personel yang mengalami pergantian pimpinan adalah Danjen Kopassus hingga Pangdam Jaya.

Mutasi 104 Pati TNI tersebut tercantum dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/81/I/2019, tanggal 25 Januari 2019 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Sebanyak 104 pati yang dimutasi itu terdiri dari 46 pati jajaran TNI AD, 30 pati jajaran TNI AL dan 28 pati jajaran TNI AU.

Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Taibur Rahman mengatakan mutasi itu dilakukan untuk mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis di tingkat Pati TNI.

“Dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier perwira tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Sabtu (26/1).

Sejumlah pati yang dimutasi tersebut di antaranya adalah Mayjen Eko Margiyono yang sebelumnya menjabat sebagai Danjen Kopassus menjadi Pangdam Jaya.

Posisi Eko lantas digantikan oleh Mayjen Nyoman Cantiasa yang sebelumnya menjabat sebagai Pa Sahli Tk.III Bid. Polkamnas Panglima TNI

Selain itu, Mayjen Joni Supriyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam Jaya dimutasi menjadi Kepala Staf Umum TNI.

Lalu, Marsdya Hadiyan Sumintaatmadja yang sebelumnya menjabat sebagai Sekjen Kemhan dimutasi menjadi pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun. Posisi Sekjen Kemenhan lantas diserahkan kepada Laksda TNI Agus Setiadji yang sebelumnya menjabat sebagai Kabaranahan Kemhan.

Nama Letjen M Thamrin Marzuki yang sebelumnya menjabat sebagai Irjen Kemenhan dimutasi menjadi pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. Posisinya itu lantas digantikan oleh Laksda Didit Herdiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Kasum TNI.

Tak berhenti disitu, Panglima TNI turut mengangkat Marsdya Bagus Puruhito sebagai Kabasarnas atau Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP). Bagus menggantikan posisi Marsdya M Syaugi yang terlebih dulu dimutasi sebagai Pati Mabes TNI dalam rangka pensiun beberapa bulan lalu

Di lingkungan TNI AD, pati yang dimutasi, selain Eko, Joni, Cantiasa dan Thamrin diantaranya adalah Mayjen R.Wisnoe Prasetja Boedi dari Pa Sahli Tk.III Bid.Hubint Panglima TNI menjadi Pangdam V/Brawijaya. Selain itu ada Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari dari Staf Khusus Kasad dimutasi sebagai Aster Kasad.

Posisi itu digantikan oleh Mayjen Hartomo yang sebelumnya menjabat sebagai Danpusterad.

Di lingkungan TNI AL, mutasi dilakukan terhadap Laksda Edi Sucipto dari Koorsahli Kasal menjadi Gubernur AAL. Posisi Koorsahli Kasal itu lantas dijabat oleh Laksda Muhammad Ali yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur AAL. Brigjen TNI (Mar) Nuri Andrianis Djatmika dari Wagub AAL menjadi Danlantamal X Jpr Koarmada III.

Sedangkan di lingkungan TNI AU, Marsdya Wieko Syofyan dari Wakasau dimutasi sebagai Wagub Lemhannas. Marsda Fahru Zaini I dari Asrena Kasau menjadi Wakasau. Lalu Marsda Asep Dian Hermawan dari Askomlek Panglima TNI menjadi Asrena Kasau, Marsma TNI Kukuh Sudibyanto dari Kadisaeroau menjadi Pa Sahli TK. III Bid. Hubint Panglima TNI. (CNNIndonesia/RA)

 277 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: