Tugu Meriam Tatas di Taman Nawacita Siring Bekantan Diresmikan

Tugu Meriam Tatas di Taman Nawacita Siring Bekantan Diresmikan

Suarindonesia – Tugu Meriam Tatas dengan bentuk replika diresmikan oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina di kawasan Taman Nawacita Siring Bekantan, Banjarmasin Tengah pada Kamis (27/12/2018) sore.

Pada acara peresmian Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengatakan, pembuatan Tugu Replika Meriam Tatas tersebut sebagai bentuk penegasan dari Kota Banjarmasin sebagai kota yang banyak mengandung nilai sejarah.

“Kita buat tugu dengan nama Meriam Tatas dan diresmikan hari ini untuk menjadi spot baru bagi pengunjung serta menjadi salah satu unsur yang bernilai sejarah di Kota Banjarmasin,” ucap walikota.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Drs H Iksan Alhag mengatakan, replika Tugu Meriam Tatas tersebut didesain oleh tim ahli yang berkompeten di bidang kepurbakalaan.

“Kita sudah minta bantuan untuk desain tempat Tugu Meriam Tatas tersebut. Sedangkan untuk bentuk meriam ini meniru persis aslinya baik dari segi ukuran maupun warnanya,” ujarnya.

Iksan Alhaq mengungkapkan selain fisik dari tugu replika tersebut, terdapat juga prasasti yang mengandung naskah seputar data spesifikasi Meriam Tatas yang sumbernya diperoleh dari berbagai ahli sejarah di Banjarmasin.

“Kemarin dari November sudah kita koordinasikan dengan berbagai pihak, dari pihak ahli sejarah yang menuliskan naskah prasasti untuk dimuat di depan Tugu Meriam Tatas ini,” katanya.

Acara peremian Tugu Meriam Tatas turut dihadiri oleh Wakil Walikota Banjarmasin, H Hermansyah, serta tokoh ahli sejarah yang juga dosen ULM Mansyur S.Pd M.Hum.(SU)

 307 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: