THR ASN Pemko Dibayarkan Paling Lambat H-10

THR ASN Pemko Dibayarkan Paling Lambat H-10

Suarindonesia– Kabar gembiara pada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Banjarmasin. Pasalnya, pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) dan Tunjangan Kinerja (Tukin) untuk pegawai dalam waktu segera bisa dibayarkan yang paling lambat dibayarkan H-10 sebelum Idul Fitri 1440 H.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina yang dicegat wartawan, Rabu (15/05/2019) membenarkan bahwa pembayaran THR dan Tukin tersebut menggunakan dana APBD 2019 sebesar Rp24 miliar untuk sekitar 5.000 PNS di Pemko Banjarmasin.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Banjarmasin,H Subhan Nor Yaumil SE mengatakan, dana THR diambil dari sisa Dana Alokasi Umum (DAU) yang terdapat APBD 2019.

“Insya Allah sebelum libur sudah kita bayarkan. Dalam H-10 sebelum lebaran, mudah-mudahan sudah dibayarkan,” ungkap Subhan di sela-sela mengikuti rapat evaluasi kinerja, di Balaikota Banjarmasin.

Bahkan, katanya, setelah menerima gaji, ASN akan mendapatkan THR untuk menyambut Idul Fitri bersama keluarga. Namun, Subhan menegaskan pihaknya masih menunggu Petunjuk Teknis dari Pemerintah Pusat terkait proses pencairan THR dan Tukin.

Karena, ujarnya, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 35 dan 36 tahun 2019, pencairan THR dan Tukin yang menggunakan dana APBD ditindaklanjuti melalui Perda.

“Akibat dari proses itu pencairan THR dan Tukin masih harus melalui tahapan yang cukup panjang, yakni pembahasan dengan pihak DPRD Kota Banjarmasin,” ungkapnya.

Kendati demikian, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri dan Kemenpan-RB akan merevisi PP itu. Sekaligus untuk mengembalikan Juknis pencairan THR dan Tukin menggunakan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sebagaimana seperti tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan sampai saat ini masih berlangsung. Jadi kita tunggu dulu keputusannya seperti tahun sebelumnya pencairan THR menggunakan peraturan menteri, demikian Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Banjarmasin,H Subhan Nor Yaumil SE meminta wartawan untuk bersabar.(SU)

 315 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: