TATIB DPRD Banjarmasin Disempurnakan Panja

SuarIndonesia – Tata tertib DPRD Banjarmasin saat ini sedang disempurnakan Panitia Kerja (Panja) Tata Tertib (Tatib) kinerja DPRD Banjarmasin.

Ketua Panja Tatib, H Sukhrowardi menjelaskan ada sejumlah aturan yang dipertegas, agar anggota dewan patuh dan disiplin dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.

“Salah satunya adalah mekanisme kerja yang berkaitan dengan kehadiran,” ujarnya, usai menggelar rapat perdana Panja Tatib Dewan, Senin (9/1/2023).

Politisi Partai Golkar ini, tak memungkirikan kehadiran anggota dewan dalam sebuah rapat kerja menjadi hal yang paling disoroti.

Sebab, selama ini ada saja anggota dewan yang masih mengesampingkan absensi kehadiran. Alhasil, agenda rapat yang sifatnya resmi pun hanya dihadiri beberapa orang saja.

“Jangan hanya hadir ketika pembukaan dan finalisasi saja. Kita harus konsisten mengikuti seluruh proses kegiatan sampai akhir,” ungkapnya.

Dia pun berharap, dengan tatib baru tersebut, anggota dewan Banjarmasin bisa lebih disiplin saat menghadiri rapat. “Paling tidak, 15 menit sebelum rapat dimulai, sudah hadir,” tuturnya.

Ia mengakui, korum (kuota forum) memang hanya mensyaratkan 50 persen plus satu dalam setiap agenda rapat.

Namun menurutnya akan lebih baik jumlahnya bisa lebih dari itu.
“Dan jika melihat keefektifan, idealnya seluruh pembahasan dalam agenda rapat resmi itu mestinya dihadiri seluruh anggota dewan yang terlibat, bukan separuhnya saja,” ujarnya.

Politisi yang disapa Bang Sukhro ini, juga menyoroti ketepatan waktu kehadiran rekannya sesama DPRD Banjarmasin yang sering terlambat, alias molor.

“Kebiasaan seperti itu harus dirubah. Ayolah berubah, sudah saatnya kita disiplin dalam bekerja, karena masyarakat pasti ingin melihat keseriusan kita dalam membahas permasalahan rakyat, termasuk soal anggaran,” katanya.

Apalagi, sebut dia, di tengah tahun politik ini tugas dan fungsi dewan Banjarmasin jangan sampai terabaikan.

Dia pun berjanji, pihaknya sesegera mungkin akan menyelesaikan pembahasan perubahan tatib tersebut.

“Kalau soal kedisiplinan ini selesai dibahas, maka tatib sisanya akan menggiring saja. Jadi tinggal beberapa pertemuan pembahasan tatib ini selesai,” tukasnya.(SU)

 344 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!