RENCANA Pembentukan “DOB” Gambut Raya Apakah Mimpi ? dan Wakil Komite I DPD RI Kecewa Pada Ketua DPRD Kalsel

SuarIndonesia – Rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Gambut Raya, pemekaran kabupaten banjar apakah akan menjadi mimpi.

Pasalnya hingga kini usulannya belum masuk ke pusat hanya dibicarakan Kalsel.

“Tak satu huruf pun yang masuk usulan pemekaran Gambut Raya,” ucap Pangeran Syarif Abdurahman Bahasyim, kepada awak media, Kamis (22/9/2022)

Menurut Wakil Ketua 1 Komite I DPD RI Pangeran Syarif Abdurrahman Bahasyim rombongan mereka yang Ketuanya Andiara Aprilia Hikmat, dan didampingi Ir. H. Darmansyah Husein mengatakan kedatangan ini merespon aspirasi masyarakat Kalsel khusus Kabupaten Banjar yang mau pemekaran pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB).

Bahkan pertemuan ini menurutnya, tidak mendadak karena ada undangan sebelumnya dari Ketua DPRD Kalsel.

“Namun nyatanya Ketua DPRD Kalsel tidak ada, kita sangat kecewa, dan mempertanyakan apakah aspirasi ini serius atau tidak,” sentilnya.

Lanjutnya, supaya aspirasi ini tidak sia sia dirinya menawarkan rampungkan dan selesaikan dulu dengan benar dari kabupaten hingga provinsi baru serahkan.

“Kita tunggu aspirasinya mumpung ada yang memperjuangkan, ” katanya.

Adapun saat ini memang ada moratorium pemekaran di tanah air, namun pihaknya bisa mendesak untuk segera dibuka moratorium tersebut, dan usulan pemekaran di Kalsel bisa masuk daftar pertama.

Sementara itu, Anggota Komis III DPRD Kalsel, Pangeran Abidin Syah memohon maaf atas ketidak nyamanan kepada DPD RI dikarenakan Ketua DPRD Kalsel tidak bisa menemui.

“Ketua DPRD Kalsel Supian HK lagi tugas ke daerah lain, jadi kita yang ditugaskan, sekali lagi mohon maaf,” ucapnya

Pangeran Abidin Syah yang juga selaku tim panitia pembentukan gambut raya, mengakui belum masuk usulan tersebut kepusat.

Pihaknya sudah menyerahkan surat rekomendasi aspiraai masyarakat tenteng pembentukan gambut raya pemekaran kabupaten banjar, namun belum ada tanggapan dari DPRD Kab. Banjar dan Pemerintah Kabupaten.

“Kami merasa kecewa seakan akan surat ini diremehkan pihak DPRD kab. Banjar Pemerintah Kabupaten Banjar, padahal surat tersebut mewakili masyarakat,” sentilnya

Pengusulan pembentukan Gambut Raya pemekaran Kab. Banjar ini, untuk memudahkan dalam pelayanan baik dibidang pendidikan, pelayanan kesejahteraan masyarakat, infra struktur dan sebagainya. (HM)

 10,804 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.