PERMAINAN BALOGO Suku Banjar Bisa Menasional, Ini Harapan Suwardi Sarlan

PERMAINAN BALOGO Suku Banjar Bisa Menasional, Ini Harapan Suwardi Sarlan

SuarIndoneia – Kalimantan SelatanĀ  (Kalsel) kaya akan permainan tradisional salah satunya permainan balogo yang berasal dari kabupaten balangan.

Nama Balogo diambil dari kata logo, karena permainan itu menggunakan logo. Permainan tradisional Suku Banjar ini biasanya dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa, baik secara beregu maupun perorangan

“Semoga permainan tradisional balogo dapat Menasional,” harap Ketua Pengurus Provinsi Balogo Kalsel, Suwardi Sarlan, Selasa (24/8/2021)

Suwardi Sarlan yang juga Anggota DPRD Provinsi Kalsel mengatakan, permainan balogo yang nantinya dapat Menasional juga menjadi salah satu cabor dalam olahraga rekreasi,

Adapun terpilih Suwardi Sarlan secara aklamasi sebagai Ketua Pengprov Balogo Kalsel dalam acara Musyawarah Balogo via zoom meeting sehari pasca kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 tahun.

“Dalam dua minggu Insya Allah akan terbentuk kepengurusan Balogo Kalsel,” ujarnya.

Menurut salah satu penggiat dan pemerhati olahraga tradisional Balogo, Yudi Aulia Rahman, Suwardi Sarlan bersama tim formatur Siti Nursiah (Banjarmasin), Wahidah Ony (Banjarmasin, Jayadi (Tanah Bumbu), Fuad Ridha (Balangan) dan Hasan Alwi membentuk kepengurusan Pengprov Balogo Kalsel.

Ditambahkan Yudhi, yang hadir di musyawarah dari KPOTI Provinsi Kalsel, Kormi Kalsel, Fortina Kalsel, Kabid Pebudayaan Dispora, penggiat, pengrajin, pemerhati balogo dari 13 Kabupaten Kota se Kalsel.

“Setelah terbentuknya kepengurusan Pengprov Balogo Kalsel, permainan tradisional ini lebih berkembang dan disukai masyarakat,” harapnya (HM)

 588 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: