Mandau Talabang Tandai Kapolda Mulai Bekerja

Mandau Talabang Tandai Kapolda Mulai Bekerja

Suarindonesia – Penyambutan Kepala Polisi Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Irjen Pol Drs. Yazid Fanani M.si diwarnai dengan upacara khas adat kebudayaan Banjar oleh tokoh masyarakat Kalimantan Selatan, Sultan Banjar Sultan Khairul Saleh Al-Mu’tashim Billah di Markas Polisi Daerah Kalimantan Selatan, Sabtu (8/9/2018).

Dengan mengenakan pakaian adat Banjar, Sultan Banjar Sultan Khairul Saleh Al-Mu’tashim Billah menyambut kapolda yang berjalan di atas karpet berwarna merah.

Dengan mengucapkan syahadat , Sultan Banjar membuka Mandau Talabang tersebut dari kumpangnya dan menghunuskannya ke atas. Setelah itu, Ia langsung menyerahkan sebilah Mandau Talabang berwarna hitam dengan motif kuning kepada Kapolda Kalsel.

Sultan didampingi Datu Mangku Adat Dirajul Huda dan Pangeran Noor Yakin.

Usai menyerahkan Mandau Talabang, giliran Datu Mangku Adat yang ‘menampung tawari’ (mengukuhkan dengan air kembang) kepada Kapolda dan sang istri dengan diiringi ucapan salawat yang juga disahuti undangan yang hadir.

Sultan Khairul Saleh Al-Mu’tashim Billah mengatakan bahwa drinya bersama Pangeran Noor Yaqin dan Datu Mangku Adat Dirajul Huda mewakili masyarakat Banjar menyerahkan pusaka Mandau Talabang sebagai simbol untuk Kapolda Kalsel yang baru dalam menjalankan amanah menjaga ketertiban dan keamanan Negeri Banjar Kalimantan Selatan.

Ia mengatakan bahwa penyambutan adat Banjar dengan Mandau Talabang terbuka dalam kegiatan apa pun. Pihak mana pun yang menginginkan adanya prosesi adat Banjar, maka kesultanan selalu bersedia.

Kena ia menilai bahwa penyambutan tersebut merupakan bentuk penghormatan dan pengamanahan masyarakat Banjar kepada pejabat baru, sekaligus juga penghargaan lembaga tersebut terhadap adat dan budaya Banjar

Sultan berharap bahwa Kapolda baru akan bisa menjaga suasana kondusif Provinsi Kalimantan Selatan agar masyarakat bisa bekerja dan beribadah dengan tenang, sehingga perekonomian Kalimantan Selatan akan meningkat.

Selain itu, Ketua Umum Forum Silaturahmi Keraton Nusantara ini berharap Kapolda yang akan dilantik mampu bersilaturahmi dengan seluruh elemen masyarakat. Bisa mendekati masyarakat mulai lapisan bawah sampai tokoh-tokohnya.

Yang tak kalah penting, menurut mantan Bupati Kabupaten Banjar dua periode tersebut, Kapolda diberi amanah agar mampu menjaga stabilitas politik dan demokrasi yang kondusif menjelang hingga Pemilu legislatif dan presiden April 2019. “Apalagi menjelang hingga Pileg dan Pilpres 2019 mendatang peran kepolisian sangat vital,” cetusnya. (BY)

 328 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: