KHUSUS Perkara Perdata Pencari Keadilan Bisa Melalui E-Court Mahkamah Agung

KHUSUS Perkara Perdata Pencari Keadilan Bisa Melalui E-Court Mahkamah Agung

SuarIndonesia – Khusus perkara perdata, bagi pencari keadilan bisa melalui E-Court Mahkamah Agung (MA) RI.

“Iya kita imbau agar supaya pencari keadilan bisa melalui E-Court MA,” kata Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Banjarmasin, Sutarjo, Jumat (20/3/2020).

Itu memang dikhususkan MA untuk perkara perdata dan semua diberlakukan untuk ansitipasi berbagai hal termasuk membatasi dengan merembaknya covid-19.

Dikatakan, E-Court MA RI adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara online, mendapatkan taksiran panjar biaya perkara secara online.

Pembayaran secara online, pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik, dan persidangan yang dilakukan secara elektronik.

“Dengan kata lain, dalam E-Court MA RI tercakup layanan sebagai berikut dan bisa diakses disitus, ecourt.mahkamahagung.go.id:,” ujar Sutarjo melalui juru bicaranya Aris Bawono SH MH dalam rilisnya yang diterima.

Rincian, E-Filing (Pendaftaran Perkara Online di Pengadilan) E-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), E-Summons (Pemanggilan Pihak secara Online), E-Litigation (Persidangan secara Online)

Dijelaskan, e-Filing, pendaftaran perkara online saat ini dikhususkan untuk advokat.

Adapun pendaftaran dari perseorangan atau badan hukum akan diatur lebih lanjut.

Layanan dan penjelasan singkat pendaftaran perkara online pengguna terdaftar dan pengguna lainnya.

Advokat selaku pengguna terdaftar dan para pencari keadilan (non-advokat) selaku pengguna lainnya yang sudah terdaftar dapat beracara di seluruh pengadilan yang sudah aktif dalam pemilihan saat mau mendaftar perkara baru.

Pendaftaran Perkara (E-Filing) dilakukan setelah terdaftar sebagai pengguna terdaftar dengan memilih pengadilan negeri, pengadilan agama, atau pengadilan TUN yang sudah aktif melakukan pelayanan e-court.

Semua berkas pendaftaran dikirim secara elektronik melalui aplikasi E-Court MA RI.

Untuk persidangan secara Elektronik (E-Litigasi), Aplikasi mendukung dalam hal persidangan secara elektronik (online) sehingga dapat dilakukan pengiriman dokumen persidangan seperti replik, duplik, jawaban, dan kesimpulan secara elektronik, termasuk putusan.

E-Payment untuk kelancaran dalam mendukung program e-court, MA RI bekerja sama dengan bank pemerintah dalam hal manajemen pembayaran biaya panjar perkara.

Dalam hal ini bank yang telah ditunjuk menyediakan virtual account (nomor pembayaran) sebagai sarana pembayaran kepada pengadilan tempat mendaftar perkara.

Penggunaan Aplikasi E-Filing dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran perkara secara elektronik dalam perkara gugatan dan/atau permohonan perdata, agama, tata usaha militer, atau tata usaha negara.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran gugatan dan/atau permohonan sekaligus memasukkan dokumen elektronik yang apabila kemudian terverifikasi dan diterima secara prosedural.

Aplikasi E-Filing juga dapat digunakan untuk melakukan pengunggahan maupun pengunduhan dokumen dalam rangka replik, duplik dan kesimpulan, pengelolaan, penyampaian dan penyimpanan dokumen perkara perdata/agama/tata usaha militer/tata usaha negara

Sedangkan Aplikasi E-Payment dapat digunakan untuk melakukan pembayaran terhadap panjar biaya perkara yang ditetapkan melalui aplikasi e-SKUM sebagai tindak lanjut pendaftaran secara elektronik.

“Jika memiliki pertanyaan tentang ketentuan lenggunaan aplikasi ini silakan hubungi Administrator sistem pada https://ecourt.mahkamahagung.go.id/#contact,” pungkas Sutarjo. (ZI)

 

 428 total views,  1 views today

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: