Hj Siti Wasilah Puji Pengembangan Tanaman Hidroponik

Hj Siti Wasilah Puji Pengembangan Tanaman Hidroponik

Suarindonesia – Ketua Tim Penggerak PKK Hj Siti Wasilah berupaya mendorong warganya dalam membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga yang tergabung dalam kelompok Rumah Tangga (RT) yang melakukan pengembangan kebun sehat yang bertanam hidroponik.

Kegiatan kelompok kebun sehat warga Sungai Jingah RT 20 Banjarmasin Utara mengawali berkebun setelah mendapatkan bantuan Banaz Provinsi Kalsel ini, dengan memilih memanfaatkan Ruang Terbuka Hijau dengan melakukan bertanam sayur mayur berupa selada dan pakcoy yang merupakan tanaman yang banyak disukai masyarakat.

Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah kepada wartawan, usai meninjau kebun sehat yang bertaman tanam sayuran tersebut sangat bangga dan memuji sangat kreatif dalam mengembangkan usaha untuk panen.

“Cara cocok tanam ini sangat baik juga bagi yang tak miliki halaman luas, dan bisa dilakukan di pekarangan sempit dan lingkungan perkotaan,” ujar Hj Siti Wasilah, di Jl Jahri Saleh, Rabu (8/5).

Menurutnya, tanaman hidroponik bantuan dari Baznas Propinsi Kalsel tersebut hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya. Dan kalau perlu dapat menjadi penambah penghasilan ibu – ibu dalam membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Kalau sudah berjalan baik, jangan berhenti. Hendaknya kembangkan terus agar bisa menjadi penghasilan tambahan keluarga,” pesannya.

Sementara, pembimbing budidaya hidroponik tersebut, Oka mengungkapkan, tanaman hidroponik tersebut merupakan sistem bercocok tanam dengan media air. Tanaman ini bisa dilakukan dengan sistem pipa paralon yang disusun bertingkat – tingkat.

“Tanaman yang bisa dikembangkan mulai dari selada, sawi, sayur manis, pakcoy, seledri, tomat, dll,” kata pengajar SD Pasar Lama 3 ini.

Bahkan, katanya, sejauh ini bantuan Baznas Propinsi Kalsel sebesar Rp79 juta dibangun untuk membangun greenhouse, membuat media tanam pipa hidroponik dan bibit tanaman

Warga juga rutin mengikuti bimbingan bercocok tanam hidroponik dari penyemai bibit, memindahkan dan memanen sayuran.

Kegiatan bercocok tanam tersebut sudah berjalan sekitar dua bulan dan kini tinggal menunggu panen.(SU)

 524 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: