Festival Kuliner Banjar, Sedia Makanan Kaki Lima hingga Hotel Berbintang

Festival Kuliner Banjar, Sedia Makanan Kaki Lima hingga Hotel Berbintang

Suarindonesia – Festival Kuliner Banjar yang digelar 3 hari sejak tanggal 7 hingga 9 Desember 2018 dimeriahkan kreasi lomba aneka makanan khas Banjar.

Festival Kuliner Banjar yang digelar di tepi siring halaman Pemko Banjarmasin yang dibuka Sekdako Banjarmasin Drs H Hamli
Kursani, Jumat (7/12) berlangsung meriah. Bagaimana tidak, aneka sajian kuliner dari kelas Kaki Lima hingga Hotel Berbintang bisa ditemui di acara yang dihelat PKK dan Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin.

Aneka sajian kuliner khas Banjar mulai diperjualbelikan dari aneka minuman dengan harga Rp5.000 hingga aneka menu hotel terpajang ketika memasuki Jaqlan RE Martadinata depan Balaikota Banjarmasin. Festival Kuliner Banjar yang digelar 3 hari dari tanggal 7- 9 Desember 2018 juga dimeriahkan kreasi lomba aneka makanan khas Banjar.

Meski demikian selain aneka makanan khas Banjar juga banyak stand yang menjual aneka makanan menu hotel mulai Gudeg Yogga hingga kreasi ayam maupun aneka minuman Kopi. Banyak pengunjung yang singgah dan memborong seperti Gudeg Jogja, batagor Bandung maupun makanan modern lainnya.

Salah satu pengunjung bernama Memel warga Sungai Andai menyampaikan, jika ditilik secara keseluruhan festival kuliner Banjar lepas dari ekspektasi. Karena di samping kuliner khas Banjar yang tidak
lengkap juga terdapat makanan luar khas Banjar.

“Setahu saya yang namanya kuliner Banjar ini ada terdapat di 41 wadai khas Banjar di antaranya seperti apam, serabi, lupis, hintalu karuang, kakicak, bubur beayak, bubur gunting, dan masih banyak lagi lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu,” ucap Memel yang mengikuti acara pembukaan karena mau makan di Festival Budaya Banjar itu,
Jumatt (7/12) sore.

Sejauh mata memandang memang terdapat kuliner seperti Jus Manggatar, Rumah Kopi, dan berbagai Fried Chicken. Ada juga aneka bakso mapun enak Mie hingga makanan jengkol hadir di acara Kuliner Baiman.

Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Drs H Hamli Kursani menuturkan Festival Kuliner Banjar yang dilaksanakan kali pertama ini sudah cukup bagus. Hanya saja memang menu makanan yang disediakan masih ada menu Nusantara, meski namanya Festval Kuliner Banjar.

“Sehubungan untuk menampung dan teritorial memang Banjarmasin, tetapi juga di luar Banjarmasin yang masih terkait dengan kuliner tradisional urang bahari, orang Banjar yang berada di pesisir sungai, sehingga yang disajikan ada menu campuran atau nusantara,’’ katanya.

Ia juga mengatakan bahwa kuliner Banjar sangat banyak, bukan hanya yang ada sekarang di Banjarmasin. Terlebih orang Banjarmasin menyebar sangat luas sampai melewati seluruh penjuru Kalsel, Kalteng, Kaltim sebagian wilayah Kalbar.

Sedangkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Drs H Ihsan Al Haq mengakui ketidaklengkapan makanan khas Banjar tersebut karena masih pembukaan. “Hari besok akan berusaha dimaksimalkan untuk memenuhi seluruh makanan khas Banjar,” katanya.

“Memang kita belum lengkap, tapi besok akan kita upayakan untuk lengkap, karena besok puncak dari kegiatan kita yaitu Festival Kuliner Banjar ini,” papar Ihsan lagi.(SU)

 276 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: