DLH KALSEL Programkan Sungai Martapura Bungas Menggunakan Konsep Rediscovery

DLH KALSEL Programkan Sungai Martapura Bungas Menggunakan Konsep Rediscovery

SuarIndonesia – Percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Martapura melalui program Sungai Martapura Bersih, Unggul, dan Asri (BUNGAS) yang menjadikan Sungai Martapura seperti Sungai Citarum Jakarta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan program Sungai Martapura Bungas menggunakan konsep rediscovery.

“Tujuannya mengembalikan sungai Martapura sebagai urat nadi ekonomi di tengah kompleksitas persoalan dari hulu ke hilir,” ucapnya Jum’at (3/9/2021)

Menurut Hanifah, sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan dalam waktu dekat akan disosialisasikan ke masyarakat,

“Khusus warga yang bermukim di pesisir sungai Martapura,” ujarnya lagi

Lebih jauh Hanifah mengatakan, program Sungai Martapura Bungas merupakan pekerjaan rumah yang berat karena sungai Martapura ada di Kabupaten Banjar, dan Banjarmasin.

“Perlu kehadiran Pemerintah Provinsi untuk menginisiasi kerjasama, sehingga bisa terkelola karena daerah masing-masing sudah memiliki program,” ujarnya

Program Sungai Martapura Bungas diapresiasi Menteri Perekonomian dan Kreatif Sandiaga Uno saat berhadir ke Banjarmasin, Kamis (2/9/2021)

“Kita dukung, upaya pengendalian pengendalian pencemaran yang diinisiasi Kadis LH Provinsi Kalimantan Selatan yang akan menjadikan Sungai Martapura seperti Sungai Citarum dengan program Martapura BUNGAS,”

Sungai bisa dijadikan salah satu pengembangan potensi wisata khususnya di Banjarmasin.

“Tidak terlalu banyak kota di Indonesia yang mempromosikan sungai sebagai daya tarik,” ucapnya

Sebelumnya Peluncuran program Sungai Martapura BUNGAS sendiri dilakukan Pemprov Kalsel di Desa Sungai Rangas Tengah, Kabupaten Banjar, pada sabtu (5/6/2021) bersamaan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dihadiri Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA. (HM)

 102 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: