DIKUCURKAN Dana Rp 600 Juta Pengamanan dan Pengawalan Atlet Kalsel yang Bakal Bertanding di PON XX 2021 Papua

DIKUCURKAN Dana Rp 600 Juta Pengamanan dan Pengawalan Atlet Kalsel yang Bakal Bertanding di PON XX 2021 Papua

SuarIndonesia – Pemerintah Provinisi Kalsel akan mengucurkan dana pengamanan dan pengawalan para atlet yang bakal bertanding di PON XX 2021 Papua.

“Anggaran untuk pengamanan dan pengawalan atlet sebesar Rp. 600 juta,” kata Ketua DPRD Provinsi Kalsel Supian HK kepada awak media, rapat anggaran antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemerintah Provinsi Kalsel dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kalsel di Banjarmasin, Senin (13/9/2021)

Menurut Supian HK, pengamanan dan pengawalan tersebut, dari pihak kepolisian yakni Polda Kalsel yang ikut serta berangkat ke Papua.

“Yang akan memback up segi keamanan para atlet kita yakni dari Polda Kalsel,”

Selumnya usulan dari Polda Kalsel untuk pengamanan dan pengawalan 50 cabang olahraga dianggarkan 2 miliar,

Namun hanya prioritas 25 cabor andalan sesuai usulan KONI yang diberangkatkan, jadi hanya 600 juta yang disetujui.

Adapun setiap provinsi diminta untuk mengirimkan pengamanan dan pengawalan atlet dalam rangka mensukseskan PON ke XX tahun 2021 Papua.

“Papua berbeda dengan Provinsi lain, yang dinilai cukup rawan, daerah konflik dan perlu pendampingan keamanan,” ujarnya

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali mengatakan, pengamanan ini salah satu untuk mensukseskan PON XX 2021 Papua.

Kontingen Kalsel lanjutnya, karena saat ini juga masih masa pandemi Covid-19, sementara teman-teman Polda itu diminta untuk pengamanan kontingen mulai dari protokol kesehatan dan lain-lain.

“Saat ini masih pandemi covid 19, diminta aparat kepolisian daerah masing masing, selain pengamanan covid 19 juga pengawalan para atlet,” ucapnya

Kontingen PON asal Kalimantan Selatan, yang akan berlaga di PON Papua pada tanggal 2-15 Oktober 2021 juga dikawal personil Polda Kalsel.

Sedangkan untuk PON ke XX Papua Tahun 2021 ini, Kontingen Kalsel mengirim sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) dengan 111 atlet dan 56 pelatih.

Sementara itu, Ketua Umun FPTI Kalsel Rosehan NB mengatakan pemberangkatan atlet andalannya ke Papua, direncanakan pada 23 september dengan meyakini dua orang atlet asuhannya, Arbain dan Ismail Ramadhani, akan meraih medali emas dalam cabor panjat tebing.

Selain itu, Anggota Komisi II DPRD Kalsel ini, himbau kepada seluruh pendamping khususnya dari KONI Kalsel memperhatikan dan kawal para atlet yang bertanding di Papua.

“Mohon Koni Kalsel perhatikan dan betul betul mengawal para atlet banua yang bertanding di sana,” harapnya (HM)

 152 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: