BANJARMASIN Sasirangan Festival ke-5 Tahun 2021 Berlangsung Tiga Hari

Bagikan :
BANJARMASIN Sasirangan Festival ke-5 Tahun 2021 Berlangsung Tiga Hari

SuarIndonesia – Rangkaian kegiatan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) Ke-5 tahun 2021 mulai bergulir, tepat hari ini diawali dengan kegiatan Forum Diskusi Sasirangan bertema ‘Sahang Sang Primadona’ yang digelar di Aula Kayuh Baimbai, Sabtu (2/10/2021).

Adapun puncak even yang khas dengan budaya Sasirangan terbesar di Kota Banjarmasin ini rencananya akan berlangsung selama tiga hari yakni pada tanggal 8 hingga 10 Oktober 2021, pihak panitia dari Pemko Banjarmasin menekankan kegiatan mesti berjalan sesuai standar protokol kesehatan yang berlaku.

“Alhamdulillah, hari ini kita mengikuti Forum Diskusi Sasirangan. Dalam rangkaian Banjarmasin Sasirangan Festival. sebuah kain wastra Nusantara dari khas Banjarmasin dan Kalimantan Selatan. Mudah-mudahan bisa menjadi daya tarik wisata dan juga kekayaan budaya nusantara,” kata H Ibnu Sina.

Oleh karena itu, kata H Ibnu Sina, diskusi tersebut digelar untuk mendapatkan masukan dari semua pihak agar pada saatnya nanti sasirangan juga bisa diangkat sebagai salah satu Khasanah budaya Nusantara dan juga warisan budaya tak benda Indonesia.

 

BANJARMASIN Sasirangan Festival ke-5 Tahun 2021 Berlangsung Tiga Hari

 

Menurut H Ibnu Sina, Kota Banjarmasin sebagai tuan rumah dalam rangkaian BSF ke-5. Poin pentingnya adalah pertama dari narasumber melihat kain sasirangan sebagai salah satu warisan budaya. Kemudian lagi dampak ekonomi dari kegiatan bagi perajin, kemudian kreativitas dan inovasi untuk desain motifnya. Karena mereka juga akan mengikuti Lomba Motif Kain Sasirangan.

“Nah kemudian yang terakhir adalah, terkait dengan pembinaan dalam rangka pemasaran. Jadi penting juga untuk promosi dan pemasaran itu dicarikan solusinya,” beber H Ibnu Sina.

Kemudian salah satu solusi yang ditawarkan, ujar H Ibnu Sina, adalah memperkenalkan para perajin dengan ekosistem digital. “Agar mereka bisa berjualan secara online, dan Insya Allah dalam rangkaian BSF juga kita akan launching nantinya Baiman Store sebagai salah satu produk E-commerce wadah bagi para perajin, pelaku UMKM,” katanya.

Adapun rangkaian kegiatan lainnya pada hari puncak yakni Fashion Carnival Sasirangan, Pemilihan Putera Sasirangan & Puteri Muslimah Sasirangan, Lomba Model sasirangan, Talkshow, Forum Diskusi, Lomba Desain Kain Sasirangan, Bazaar of UMKM’s Product, Launching Aplikasi Ecommerce serta Fun Bike.(SU)

 453 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!