Banjarmasin Bangun 4 JPO, Satu Dilengkapi Lift

Banjarmasin Bangun 4 JPO, Satu Dilengkapi Lift
Suara.com-Contoh JPO di Surabaya yang dilengkapi lift.

Suarindonesia – Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang akan dibangun pemerintah yang kini masih proses lelang. Pembangunannya dilakukan pada dua ruas jalan dengan empat jembatan di tahun 2019. Salah satunya akan dibangun dengan konsep lift untuk ditujukan kepada difabel agar dapat menikmati JPO tersebut.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengatakan kepada wartawan, di sela-sela peluncuran CC Room di Kantor Dishub Kota Banjarmasin, Senin (7/1/2018) mengatakan, konsep lift pada JPO berpacu pada roadmap kota inklusi yang dilaunching pada pertengahan tahun 2018 kemarin yang menginstruksikan semua fasilitas publik harus ramah difabel.

Menurut Ibnu Sina, konsep lift harus ada nantinya di satu titik di Jalan A Yani. Soal harga atau estimasi anggaran Ibnu mengaku belum bisa memastikan berapa anggaran untuk membuat JPO berkonsep lift.

“Harus ada nanti salah satu konsep lift ini, karena kita sudah menerapkan roadmap kota inklusi di Banjarmasin ini. Terlebih Banjarmasin punya 3.879 warga penyandang disabilitas” ucapnya kepada awak media (7/1).

Lebih lanjut Ibnu Sina menyampaikan JPO konsep lift tersebut diupayakan dibangun di Jalan A Yani. Karena di Jalan A Yani terdapat tiga titik yang akan dibangun JPO dari empat titik, yang satunya berada di Jalan Brigjen H Hasan Basri.

“Ini kan tiga di Jalan A Yani. Salah satunya saja memakai konsep Lift ini akan menunjang difabel untuk menikmati JPO yang akan kita buat di tahun ini,” ungkapnya.

Mantan anghota DPRD Kalsel ini, memaparkan satuan perkiraan anggaran membuat JPO yang normal mencapai Rp2 miliar. “Belum mengetahui lagi berapa anggaran untuk membuat JPO dengan konsep lift ini, yang pasti lebih dari itu lah,” ujarnya.

Ibnu juga menambahkan rencana dibangun JPO dengan lift di Kota Banjarmasin, ia berkaca pada Kota Surabaya yang sudah memiliki JPO lift dan dinilai sangat efektif bagi para difabel untuk menikmati fasilitas JPO tersebut.(SU)

 336 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: