500 APARAT Diturunkan Amankan Pemungutan Suara Ulang di Bansel

500 APARAT Diturunkan Amankan Pemungutan Suara Ulang di Bansel

 

SuarIndonesia – Polresta Banjarmasin bakal menurunkan sebanyak ratusan personel anggotanya guna mengamankan proses jalannya Pemungutan Suara Ulang (PSU) dalam tahap Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Pilgub Kalsel) tahun 2020.

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmad Hendrawan mengatakan, keputusan itu merupakan bentuk tindak lanjut dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang meminta untuk menggelar PSU di beberapa daerah di Kalsel, termasuk Kecamatan Banjarmasin Selatan (Bansel), Kota Banjarmasin.

Orang nomor satu di wilayah hukum Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan ini mengaku bahwa pihaknya selalu siap untuk melakukan pengamanan pelaksanaan PSU tersebut.

“Karena putusan MK adalah dilakukan PSU untuk Pemilihan Gubernur, itu ranah Polda, tapi kita selalu siap untuk mengantisipasi karena di Banjarmasin Selatan juga melaksanakan PSU,” ucapnya saat ditemui awak media di sela kegiatan operasi yustisi yang dilakukan di Hotel Pyramid, Sabtu (20/03/2021) malam.

Untuk itu, pihak Polresta Banjarmasin akan gencar melakukan patroli guna menjaga Kamtibmas di masyarakat, khususnya di wilayah tersebut.

Selain itu pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) agar tercipta suasana yang kondusif dan damai dalam proses PSU tersebut.

“Kita juga akan berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu juga,” tuturnya.

Dalam upaya pengamanan PSU, Rachmad Hendrawan juga menyampaikan sekitar 500 personel dari TNI Polri yang akan di-BKO-kan untuk upaya pengamanan pelaksanaan PSU.

“Untuk setiap polres yang di-BKO-kan itu totalnya hampir 500 personel, di mana personel-personel itu nanti akan dititikfokuskan di Banjarmasin Selatan dan tempat-tempat simpatisan, pendukung setiap paslon,” pungkasnya. (SU)

 341 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: