DUA CALON Pemain Timnas Bersinar di Kroasia, Berharap Juara AFF

DUA CALON Pemain Timnas Bersinar di Kroasia, Berharap Juara AFF
Joey Suk dan Matthew Steenvoorden.(Foto/Ist)

SuarIndonesia – Dua calon pemain Timnas Indonesia berhasil tampil gemilang di Liga Kroasia, akankah peluang skuat Garuda menjuarai Piala AFF 2020 nanti semakin besar?

Dilansir dari Indosport, timnas Indonesia senior sendiri memang tengah mempersiapkan diri untuk tampil di ajang Piala AFF 2020, yang kabarnya bakal tetap berlangsung sesuai jadwal meski wilayah Asia masih terdampak pandemi Corona.

Melansir laman Bangkok Post pada Senin (15/06/2020) lalu, turnamen antarnegara di kawasan ASEAN ini diperkirakan bakal berlangsung pada 23 November hingga 31 Desember mendatang.

Rencananya acara ini akan digelar di Vietnam sebagai negara yang sejauh ini sukses menghentikan laju penyebaran virus corona.

Menjelang turnamen dua tahunan tersebut, sejumlah negara peserta telah mempersiapkan diri semaksimal mungkin, salah satunya Vietnam.

Sang juara bertahan itu dikabarkan sudah punya daftar pemain yang bakal dimainkan. Dilansir vnexpress, Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF) sedang berkoordinasi dengan pelatih Park Hang-seo untuk memilih 70 pemain yang akan disetor ke Federasi Sepak bola Asia Tenggara (AFF).

Jika para rival mulai menyetor para pemain seleksinya, maka Indonesia bakal sedikit tertinggal lantaran kompetisi liga di Tanah Air masih belum bergulir dan berpotensi membuat kondisi para pemain menurun drastis.

Apalagi pelatih kepala Shin Tae-yong bakal lebih dulu membesut Timnas Indonesia U-19 dalam gelaran Piala Asia U-19 2020 pada Oktober mendatang. Hal ini bisa saja membuat konsentrasi serta fokus pelatih akan sedikit terpecah.

Beruntung dalam beberapa kesempatan terakhir, PSSI dan tim pelatih berani memberikan kesempatan kepada pemain keturunan yang tampil di Eropa untuk ikut dalam pemusatan latihan Timnas.

Teranyar, ada pemain bertahan Elkan Baggot dari klub Ipswich U-19 di Liga Inggris yang mendapat kesempatan ikut pemusatan latihan skuat Garuda. Sayang, cedera yang ia derita menghambat langkah Elkan Baggot tiba di Tanah Air.

“Ya PSSI bertanya kepada klub saya, apakah saya bisa pergi ke pemusatan pelatihan di Indonesia, tapi klub saya mengatakan tidak karena (saya) cedera dan mereka membutuhkan saya untuk pertandingan liga,” ucap Elkan Baggot kepada INDOSPORT beberapa waktu lalu.

Andai PSSI dan pelatih Indonesia terus melanjutkan program pemanggilan para pemain keturunan di Eropa, bukan tidak mungkin jika skuat Garuda bakal memiliki kekuatan yang cukup besar jelang Piala AFF 2020 mendatang.

Dari sekian banyak pemain keturunan di Eropa, terdapat dua pemain yang mampu tampil gemilang dan layak menjadi pilihan utama Shin Tae-yong dalam skuat Timnas Indonesia nanti.

Lantas siapakah pemain tersebut dan seperti apa perjalan karirnya di musim ini? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulasnya

Nama pertama adalah Matthew Steenvoorden, bek berdarah Semarang ini tengah memperkuat klub HNK Gorica yang tampil di kasta teratas Liga Kroasia.

Sejauh ini, pemain berusia 27 tahun tersebut sudah bermain dalam 22 pertandingan di semua ajang dari total 35 laga yang dijalani HNK Gorica musim ini.

Matthew Steenvoorden pun hanya sekali absen membela HNK Gorica saat kompetisi kembali bergulir pasca Corona.

Dari lima laga yang dimainkan, Matthew Steenvoorden selalu jadi starter di empat pertandingan bahkan bermain penuh 90 menit.

Dengan catatan tersebut, Matthew Steenvoorden diprediksi bakal menjadi titik sentral di lini pertahanan Indonesia pada Piala AFF 2020 mendatang.

Berikutnya ada Joey Suk, gelandang yang memang gencar dirumorkan bakal dinaturalisasi sejak beberapa tahun silam ini juga berhasil tampil gemilang di Liga Kroasia.

Berada satu tim dengan Matthew Steenvoorden, mantan pemain NAC Breda tersebut menjadi penyeimbang tim serta pemutus serangan yang membuat HNK Gorica sulit ditembus pemain lawan.

Total dalam 31 pekan yang telah dimainkan musim ini, Joey Suk mampu bermain sebanyak 25 laga dan mencetak tiga gol serta memberikan dua assists.

Serupa dengan Matthew Steenvoorden, gelandang berusia 30 tahun ini juga hanya absen sekali dari lima pertandingan yang dijalani HNK Gorica pasca pandemi Corona.

Andai Joey Suk dapat memperkuat Timnas Indonesia, maka duetnya dengan beberapa gelandang lokal seperti Evan Dimas, Stefano Lilipaly, maupun Bayu Pradana, dapat dipastikan lini tengah skuat Garuda bisa memiliki komposisi yang solid.(Indosport/RA)

 109 total views,  1 views today

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: