Walikota Giatkan Gerakan 1.000 Tumbler untuk Anak Sekolah

Walikota Giatkan Gerakan 1.000 Tumbler untuk Anak Sekolah

Suarindonesia – Menyusul keberhasilan pengurangan kantong Plastik, Pemerintah Kota Banjarmasin 2019 kembali mendongkrak upaya pengurangan sampah plastik dengan Gerakan 1.000 Tumbler yang akan digiatkan ke beberapa sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin.

Gerakan 1.000 Tumbler bertujuan untuk mendukung pengurangan sampah plastik di Kota Banjarmasin selain dari Peraturan Walikota Nomor 18 tahun 2016 tentang larangan penggunaan kantong plastik pada retail modern.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina yang sudah tiga bulan membawa tumbler warga ungu, kepada awak media, menyampaikan langkah awal dari Gerakan 1.000 Tumbler ditujukan ke beberapa sekolah dan selanjutnya ditujukan kepada para ASN di lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin.

Menurut Ibnu Sina sebenarnya ingin cepat menggiatkan Gerakan 1.000 Tumbler tersebut. Namun karena terhalang oleh jadwal liburan semester dari sekolah maka diputuskan kegiatan Gerakan 1 000 Tumbler tersebut dilaksanakan pada pertengahan bulan Januari.

“Pertengahan bulan Januari kan itu sudah masuk anak-anak sekolah. Nah jadi saat itu nanti kita akan giatkan untuk anak-anak sekolah dulu dengan Gerakan 1.000 Tumbler,” ucap Ibnu Sina kepada Suarindonesia sesaat setelah senam bersama para ASN Pemko Banjarmasin (4/1).

Selanjutnya Ibnu menjelaskan Gerakan 1.000 Tumbler tersebut merupakan pembagian tumbler sebanyak 1.000 buah untuk anak-anak agar digunakan dalam transaksi jual beli minuman saat di sekolah menggunakan tumbler tersebut.

“Ini kan kalau sudah mereka menggunakan tumbler maka plastik minuman es ini dengan sendirinya akan berkurang nanti, juga sebagai suatu langkah untuk mendukung pengurangan sampah plastik di Banjarmasin,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin saat dikonfirmasi Suarindonesia Drs H Totok Agus Daryanto mengungkapkan belum bisa memastikan sekolah mana yang akan dilaksanakan Gerakan 1.000 Tumbler.

Ia masih melihat peluang sekolah mana yang masih banyak menggunakan kantong plastik minuman es yang sering dibeli oleh anak-anak sekolah. “Bilamana yang terbanyak nanti akan ditujukan untuk menggelar Gerakan 1.000 Tumbler,” katanya.(SU)

 239 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: