SERTIFIKASI HALAL dan Kekayaan Intelektual Disosialisasikan pada IKM di Kota Banjarmasin

SuarIndonesiaPemerintah Kota Banjarmasin, melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) melaksanakan Sosialisasi Sertifikasi Halal dan Kekayaan Intelektual bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kota Banjarmasin, bertempat di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Selasa (15/11/2022).

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, turut hadir dalam kegiatan, Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor, Kepala Disperdagin, Ichrom Muftezar serta narasumber dan jajaran terkait.

“Hari ini kita melaksanakan sosialisasi sertifikasi halal dan juga hak kekayaan intelektual. Ini penting untuk edukasi masyarakat produk-produk yang dihasilkan jangan sampai nanti diambil orang lain,” ucap H Ibnu Sina seusai acara tersebut.

SERTIFIKASI HALAL dan Kekayaan Intelektual Disosialisasikan pada IKM di Kota Banjarmasin (1)

Ia menyampaikan, terkait kekayaan intelektual jangan sampai kearifan lokal dan kreasi di Banjarmasin itu hilang maupun diambil orang.

Oleh karena itu, dengan Sosialisasi dari Disperdagin tersebut tahun depan pengurus untuk IKM kehalalan produk ada 60 kuota yang akan di fasilitasi dan untuk kekayaan intelektua ada 50 kuota.

“Makanya perlu diurus haknya, diurus oleh pemerintah itu penting, contoh sederhana itu sasirangan. Nah itu penting untuk dicatat sebagai sebuah kearifan lokal kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar berharap dengan adanya sosialisasi itu, seluruh IKM-IKM yang ada di Kota Banjarmasin khususnya di Dinas Perdagin bisa melakukan pengurusan kekayaan intelektual dan juga untuk memproses sertifikasi halal.

“Insya Allah kita menganggarkan ada 60 IKM yang kita fasilitasi untuk sertifikasi halal. Dan 50 IKM yang kita fasilitasi untuk kekayaan intelektual,” tutupnya.(SU)

 293 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.