RUPS PT AM Bandarmasih Siap Digelar, Pemko Inginkan Perbaikan Layanan

SuarIndonesia – Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di tubuh Perseroan Terbatas (PT) Air Minum Bandarmasih bakal segera digelar dalam waktu dekat ini untuk pertama kalinya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, RUPS tersebut rencananya akan dilangsungkan pada akhir bulan Juni 2022 ini. Namun tanggal kepastiannya masih belum didapatkan.

Hal itu diketahui setelah digelarnya pertemuan tertutup yang dilakukan oleh jajaran PT Air Minum (PT AM) Bandarmasih dengan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Pertemuan itu menyusul Sudah disahkannya perubahan badan hukum dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) menjadi PT AM Bandarmasih oleh Kemenkumham RI belum lama tadi.

Ibnu Sina menyebutkan ada delapan agenda yang bakal dibahas dalam RUPS itu. Sebagian diantaranya, membahas terkait rekrutmen komisaris baru. Karena seperti diketahui, jabatan komisaris yang ada, bakal berakhir pada bulan September mendatang.

“Rencananya dalam tiga bulan disiapkan panitia seleksinya,” ucapnya saat ditemui awak media di Balai Kota, Rabu (22/06/2022) petang.

“Nanti, ada wakil dari pemko, wakil dari pemegang saham, dan dari masyarakat,” tambahnya.

Baca Juga :

GUBERNUR dan Walikota sebagai Pemilik Modal Tandatangani Akta Perseroda PTAM Bandarmasih

Di samping itu, dalam RUPS nantinya, juga dibahas rencana bisnis hingga rencana strategis PT AM Bandarmasih, di tahun 2022-2023. Seperti apa upaya perbaikan hingga rencana strategis PT AM Bandarmasih.

“Termasuk perbaikan pipa, pembelian lahan untuk pembangunan IPA (Instalasi Pengolahan Air) di kawasan Sungai Andai, kemudian booster, reservoar,” jelasnya.

“Jadi, rencana bisnisnya banyak untuk meningkatkan layanan PT AM Bandarmasih,” tambahnya.

Disinggung bagaimana terkait penyertaan modal dari Pemko untuk PT AM Bandarmasih, Ibnu menekankan bahwa skemanya sudah ditetapkan.

Dibeberkannya, penyertaan modal dari pemko akan dilakukan hingga lima tahun ke depan “Nominalnya, Rp50 miliar dalam lima tahun,” ungkapnya.

Baca Juga :

TURUN TERUS, Laba PT Air Minum Bandarmasih

Lalu, di samping dari APBD, Ibnu berharap permodalan juga juga bisa didapatkan dari APBN. Pinjaman perbankan, hingga penanaman investasi dari pihak lain.

“Kami menekankan agar ada investasi pihak lain. Mengingat aset PT AM sekarang ini perkiraan berkisar Rp400 miliar. Dengan jumlah pelanggan sebanyak 179.000 hingga 180.000,” tekannya.

Lebih jauh, Ibnu menjelaskan, RUPS diperlukan lantaran juga sesuai dengan apa yang termaktub dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART).

Nantinya RUPS sendiri diikuti seluruh pemegang saham, yakni Pemprov Kalsel dan Pemko Banjarmasin.

“Di dalam ketentuan, RUPS digelar minimal setahun sekali. Dengan agenda yang harus jelas sejak awal, dan diikuti dengan berita acara penetapan,” jelasnya.

“Kemudian, hal-hal di luar agenda yang sudah ditetapkan, tidak boleh dibahas dalam RUPS. Kalau ada yang ingin menambah agenda lain di luar agenda RUPS itu, di agenda dalam RUPS luar biasa,” pungkasnya. (SU)

 139 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.