RAPID TEST Sudah Diberlakukan, Gugus Tugas Kalsel juga Siapkan Tempat Karantina Khusus

RAPID TEST Sudah Diberlakukan, Gugus Tugas Kalsel juga Siapkan Tempat Karantina Khusus

Suarindonesia – Berbagai upaya dilakukan Gugus Tugas P3 Covid-19 Kalsel, untuk memutus rantai penyebaran covid-19 di Kalsel. Salah satu yang sesang disiapkan adalah karantina khusus bagi orang dalam pengawasan (ODP) yang mempunyai gejala klinis.

Dijelaskan Juru Bicara Gugus Tugas Kalsel, HM Muslim, Sabtu (28/3) sore, saat ini pihaknya sedang menyiapkan karantina khusus terutama bagi ODP yang mempunyai gejala ringan. Terdapat beberapa tempat yang menjadi pilihan. Ditambahkannya, saat ini sedang disiapkan terutama prosedur dan ketetapan (protap) dalam melakukan karantina khusus tersebut.

“Tentu saja diperlukan sosialisasi terlebih dahulu. Karantina khusus tersebut upaya lebih masif untuk memutus rantai penularan. Dengan mengondisikan seperti itu kami berharap rumah sakit rujukan tidak terbebani dengan gejala ringan. Pasien covid-19 terbagi tiga, 80 persen gejala klinis ringan, 20 persen gejala klinis sedang sampai berat, dan 5 persen gejala kritis. Orang dengan gejala sedang dan berat teruma orang tua diprioritaskan di RS rujukan,” urainya.
Ia juga menerangkan, rapid tes diprioritaskan untuk orang dalam pemantauan (ODP) yang mempunyai gejala klinis. Selain itu, prioritas rapid tes juga untuk mereka yang kontak dengan pasien terkonfirmasi positif maupun kontak pasien dalam pengawasan (PDP).

“Sesuai fungsi dan manfaat rapid tes diprioritaskan ODP yang punya gejala klinis, kontak pasien positif, kontak PDP, dan orang-orang dalam karantina suatu tempat,” ujarnya.
(RW)

 233 total views,  2 views today

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: