PONDOK Al Mursydul Amin 3 Dirikan Cabang di Sungai Andai

SuarIndonesia – Melihat tinggi minat orang tua untuk memasukkan anaknya kependidikan agama, Pondok Al Mursydul Amin 3 khusus putra, cabang gambut mendirikan kembali di kawasan Sungai Andai Banjarmasin Utara.

“Ilmu agama bagi diri dan keluarga sangat berperan penting, sejak dini ditanamkan,” ucap Pimpinan Ponpes Al Mursydul Amin Tuan Guru H. Rasyid Ridho. saat peletakkan batu pertama. Rabu (15/6/2022)

Pembangunan akan dilakukan secara bertahap, tahapan pertama dibangun 2 asrama dan fasilitas lainnya dan dilanjutkan pembangunan asrama yang lain.

“InsyaAllah kapasitas akan mencakup 1000 orang, termasuk fasilitas minimarket, ” ujarnya.

Menurut putra pertama (alm) Tuan Guru Kh. Ahmad Bakeri ini, untuk ponpes Al Mursydul Amin (Alma) di gambut hanya menampung 350 santri dari pendaftaran baru sedangkan yang memasukkan anaknya melebihi 500 orang.

Sejak 1986 Ponpes Alma dibangun di gambut dan beroperasi pada 1988 hingga saat ini, sudah 28 angkatan santri dan yang lulus dengan jumlah 1600 orang.

“Untuk Ponpes Al Mursydul Amin 2 tengah dibangun di daerah bati bati nusa indah.,” ujarnya.

Sementara itu Habib Ibrahim Al ba’bud daei Lawang Malang, menjelaskan, dengan adanya Pondok pesantren akan banyak kegiatan keagamaan dilakukan setiap harinya.

“Alhamdulillah di sungai andai ini dibangun ponpes, mengubah karakter seseorang dari yang kurang baik menjadi baik, dan yang baik menjadi lebih baik,” ucap habib.

Dengan Ponpes akan memberikan kontribusi bagi umat, melahirkan anak anak yang beradab dan alim, khususnya di sungai andai ini dan kota banjarmasin.

“Musibah lebih besar adalah meninggalnya ulama, dengan ponpes akan melahirkan regenerasi yang baru, dan yang lulus dari pondok dapat memberikan manfaat bagi orang lain,” pesan habib

Habib menambahkan, pembangunan ponpes memerlukan dukungan semua pihak, sebagai contoh ada suatu kebakaran, katak dan semut membawa air, apakah mampu memadamkan kebakaran !

“Paling tidak mereka sudah berusaha untuk berbuat baik, walau hanya sedikit, salurkan bantuan anda untuk menunjang pembangunan ini,” kata habib.

Selain itu, juga akan dibangun museum, untuk meletakkan reflika peninggalan benda benda yang pernah digunakan Rasulullah, seperti pedang dan yang lainnya.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina yang turut hadir juga mengatakan dalam sambutannya, dengan adanya ponpes di wikayah sungai andai bisa menjadi syar Islam dan lancar dalam pembangunannya.

“Tolong camat dan kelurahan dibantu dalam proses surat menyurat dan administrasinya, semoga jadi amal jariah kita,” katanya (HM)

 212 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!