POLDA KALSEL Terima Dana Hibah Pilkada Kalsel 2020

POLDA KALSEL Terima Dana Hibah Pilkada Kalsel 2020

SuarIndonesia – Pemprov Kalsel menghibahkan dana untuk pengamanan Pilkada melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpoldamkar). Hibah tersebut disalurkan kepada Polda Kalsel.

Pemprov dan Polda Kalsel melakukan penandangan nota perjanjian hibah daerah (NPHD), Selasa (28/7/2020), di Ruang Rapat Aberani Sulaiman, Setdaprov Kalsel.

Kapolda Kalsel, Irjen Pol DR Nico Afinta SIK SH MH melalui Kepala Biro Operasional Polda Kalsel, Kombes Polisi Isdiyono, mengatakan, perjanjian kerjasama bagian dari regulasi yang diatur pemerintah, sehingga azas legalitas bisa dipertanggungjawabkan.

Ia menyebut dana hibah digunakan untuk pengamanan seluruh tahapan pilkada. Saat ini menururnya sedang dilaksanakan tahapan persiapan persyaratan penetapan bakal calon.

“Penetapan calon diumumkan pada 23 September mendatang, siapa saja calon yang memenuhi syarat akan diketahui pada tanggal tersebut,” katanya.

Tahapan setelahnya masa kampanye baik terbuka dan tertutup. Kampanye dilaksanakan selama 74 hari.

“Penggunaan anggaran mulai dari persiapan, tanapan, masa kampanye, pencoblosan, penghitungan, hingga penetapan pemenang,” katanya.

Ia memastikan dana tersebut juga digunakan untuk pengamanan dari unsur TNI. Dikatakannya jumlah perosnel yang disiapkan 6 ribu, terdiri dari Polda, jajaran Polres, dan TNI.

Kendati menyiapkan 6 ribu, namun menurut Isdiyono jumlah personel berfluktuasi bisa naik bisa turun.

“Jumlah personel tergantung tantangan dan ancaman tugas. Harapan provinsi dan polda. Kalau biasanya pilkada berlangsung aman yang sekarang juga berlangsung aman,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Satpoldamkar Kalsel, Masruni, menjelaskan penyalurahan dana hibah dicairkan dua tahun berjalan yaitu 2020 dan 2021.

Tahun ini Rp18 miliar tahun depan Rp1 miliar. Mengapa demikian ?. Karena menurut Masruni untuk pertama kalinya tahapan pemilihan dua tahun berjalan.

“Pencoblosan Desember, tapi tahapan sampai selesai di tahun depan,” katanya.

Dikatakan Masruni, jumlah hibah yang dikucurkan meningkat jika dibanding pemilihan sebelumnya. Hibah pengamanan pemilihan sebelumnya Rp16 miliar.

“Setelah penandatanganan ini tinggal melengkapi berkas maka sudah bisa dicairkan,” ujarnya.(RW)

 202 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: