PENYEKATAN Pemudik di Wilayah Kalsel Berlanjut Hingga Seminggu ke Depan

PENYEKATAN Pemudik di Wilayah Kalsel Berlanjut Hingga Seminggu ke Depan

SuarIndonesia – Operasi Ketupat Intan 2021 akan berakhir, meski demikian penyekatan pemudik masih berlanjut hingga Seminggu ke depan.

“Iya kita di Kalsel mengikuti kebijakan Mabes Polri, langkah Kepolisian untuk meminta masyarakat yang berniat mudik untik putar balik masih akan dilanjutkan.

Hal ini berlaku kurang lebih satu minggu ke depan hingga Senin (24/5/2021),” kata Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto melalui Karo Ops Kombes Pol Nur Subchan,Minggu (16/5/2021).

Ia katakan, untuk Operasi Ketupat Intan 2021, yang dimulai sejak Kamis (6/5/2021),  direncanakan berakhir Senin (17/5/2021).

Meski Operasi Ketupat Intan 2021 secara formal akan berakhir di penghujung akhir pekan, namun posko-posko penyekatan mudik yang merangkap sebagai posko pengamanan Idul Fitri dalam masih akan terus beroperasi.

Diketahui, selain di perbatasan antar kabupaten/kota kecuali kawasan aglomerasi, posko penyekatan juga disiagakan di perbatasan antara Provinsi Kalsel dengan Provinsi tetangga yaitu Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Timur (Kaltim).

Polda Kalsel dibantu TNI dan Pemerintah Daerah di Kalsel pun menurunkan kurang lebih 1.500 personel gabungan dalam Operasi Ketupat Intan 2021.

Dimana Operasi ini tidak hanya bertujuan untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tapi juga fokus pada upaya-upaya mencegah terjadinya ledakan kasus Covid-19 akibat mobilitas masyarakat.

Sementara dari keterangan di perbatasan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) di Desa Karangan Putih Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong, tetap ketat pemeriksaan dilakukan oleh tim.

Barang inventaris, kesiapan petugas, bilik pemeriksaan dan perlengkapan untuk melakukan Swab Antigen di Pos Check Point.

Penyekatan diperbatasan pintu keluar / masuk Provinsi secara humanis sesuai Standard Operating Procedure (SOP), dan bagi pemudik yang tidak dilengkapi surat Swab Antigen Negatif agar diarahkan putar balik sesuai SOP. (ZI)

 

 367 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: