Pelindo Belum Beri Kontribusi untuk Banjarmasin

Pelindo Belum Beri Kontribusi untuk Banjarmasin

Suarindonesia – Meski telah dilakukan sejumlah perjanjian kerjasama antara
Pelindo III di Banjarmasin dan Pemko Banjarmasin, ternyata BUMN ini belum pernah memberikan kontribusi untuk ibukota Kalsel ini.

Padahal, sebelumnya, Pemko Banjarmasin sudah membangun jalan keluar masuk untuk memperlancar arus angkutan di Pelabuhan Basirih hingga menelan dana 20 miliaran rupiah dari APBD murni.

Karena itulah dengan menindaklanjuti Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Pelindo III. Ke depan PT Pelindo bisa memberikan kontribusi.

Baca Juga Lulusan ASMI Disiapkan Penuhi Kebutuhan Dunia Kerja

“Karena sekian tahun sudah kita bangun jalan di sana, namun sepersen pun tak ada pemasukan, ungkap Plt Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir H Doyo Pudjadi kepada wartawan, Kamis (15/11/2018).

Menurut mantan Kepala Dinas Pertanian Banjarmasin ini, PKS dilakukan agar Pemko juga mendapatkan kontribusi dari usaha yang dikembangkan Pelindo III melalui pelabuhannya. Apalagi akan dibangun lagi jembatan timbang untuk angkutan pelabuhan.

WhatsApp-Image-2018-11-16-at-23.34.29.jpeg

“Jembatan timbang inilah yang akan menjadi salah satu kontribusi bagi daerah dari Pelindo. Di samping dapat memantau kelebihan muatan dari angkutan yang dapat membahayakan pengguna jalan lainnya,” katanya.

Tak hanya itu, Pemko juga akan membangun areal konsolidasi dengan luas areal 0,5 hektare. Areal tersebut dapat disewakan kepada setiap angkutan yang kelebihan muatan.

“Dari usaha itu, pemko baru akan dapat kontribusi. Bahkan pemko juga dapat menempatkan pegawai dishub di sana untuk mengawasi,” katanya.

Baca Juga 

Disepakati pula akan dilakukannya penataan kawasan Basirih. Di sana akan disiapkan lahan parkir angkutan bongkar muat. “Bagi angkutan yang akan masuk maka akan mendapatkan tiket, nah dari situ pula diharapkan dapat mendapatakn kontribusi lagi,” ujarnya.

Sementara, untuk rencana jangka panjang pengembangan Pelabuhan Mantuil juga mulai dibahas. Rencana tersebut disusun agar dapat terealisasi tahun 2020, di mana kerjasamanya pemko bagian membebaskan lahan, sedangkan Pelindo III yang membangun kawasan Pelabuhan sepanjang 5 Kilometer.

” Perluasan pelabuhan Mantuil pada 2020 nanti bertujuan juga akan mendongkrak lagi PAD Pemko Banjarmasin secara yang signifikan. Sudah disusun dalam rencana, termasuk tim yang dpercaya pemko untuk mengawal kegiatan tesebut,’’ demikian Doyo Pudjadi.(SU)

 261 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: