PARA KORBAN Dievakuasi, Longsornya Tambang Emas “di Bumi Saijaan” Ini Kali Kedua

SuarIndonesia – Meski menuju lokasi longsor sangat sulit dijangkau, yang  hanya bisa menggunakan kendaraan roda jenis trail ditempuh 2-3 jam dari desa terdekat.

Tim tetap ke sasaran dan telah evakuasi para korban tambang emas yang longsor di Desa Buluh Kuning, Kecamatan Sungai Durian, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ada 15 pekerja tertimbun, yang diantaranya ada ditemukan meninggal dunia, Selasa (27/9/2022).

Informasi terakhir, dari 11 korban yang sudah dievakuasi enam meninggal dunia, dan lima luka-luka.

Sementara Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotabaru, Hendra sebutkan untuk korban luka dirawat di Puskesmas terdekat.

Tim gabungan dari BPBD, Satuan Polisi Pamong Praja, TNI/Polri dan relawan yang lainnya masih terus melakukan pencarian terhadap korban lainnya.

Kejadian longsor “di Bumi Saijaan” (sebutan Kotabaru)  pada Senin (26/9/2022) malam, ini akibat curah hujan tinggi.

Terdata korban meninggal dunia, Salman (30) warga Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Wahid (35) warga Pemangkih Kabupaten Banjar.

Padliannor (50), Inal (31) juga warga Pelaihari Kabupaten Tanah Laut.

Untuk dua korban yang diperkirakan suami istri masih belum diketahui identitasnya.

Sementara lima korban luka-luka Anang Suryadi (60) Sungkai dan Mardiah (50) Sulawesi,Isay (50) warga Pelaihari, Asul (40) Batu Kajang dan Hamidah (46) Sungkai.

Keterangan lain, kejadian “di Bumi Saijan” ini kali kedua dalam kurun waktu dua tahun, karena pernah peristiwa seperti itu di tahun 2020.

“Memang rawan lokasinya dan untuk menuju setelah dilalui naik sepeda motor trail, dibutuhkan lagi perjalanan sampai sasaran berjalan kaki hingga enam jam,” kata Kapolres Kotabaru AKBP HM Gafur Aditya Siregar SIK melalui Kapolsek Sungai Durian, Ipda Tri Wibawa.

Bahkan longsor tambang emas ini jadi  jadi sorotan dan berharap kedepan ada langkah nyata terhadap tambang emas ilegal serta dilakukan penataan. (*/ZI)

 517 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!