PAMAN BIRIN: Pramuka Harus Tanggap dan Mampu Tekan Badai Ancaman Bencana

PAMAN BIRIN: Pramuka Harus Tanggap dan Mampu Tekan Badai Ancaman Bencana

SuarIndonesia – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengajak dalam menghadapi masa pandemi ini jangan menjadikan sebagai halangan untuk berkarya bagi anggota Pramuka, tetapi sebaliknya malah harus tanggap bencana dan mampu menekan badai serta gelombang di tengah ancaman bencana apakah covid maupun Banjir.

“Di tengah pandemi semua kegiatan Pramuka dari laporan tetap berjalan dengan baik hanya bedanya, jika dalam pertemuan dilakukan pengurangan sesuai prokes tetapi semua kegiatan ketrampilan tetap dilakukan sesuai standar pandemi,’’ ucap Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang akrab dipanggil Paman Birin usai membuka Rakerda Pramuka sekaligus Peringatan Hari Pramuka ke 60, di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Senin (13/09/2021).

Di hadapan undangan dan peserta Rakerda secara Zoom, Sahbirin yang juga Ketua Majelis Pembibing Daerah (Kamabida) Kalsel yang didampingi Hj Raudatul Jannah SKM, Mkes, mengatakan apalagi keanggotaan Pramuka secara bertahap mereka sudah diberikan bekal secara berjenjang melalui pentahapan pendidikan, sehingga diyakini anggota Pramuka mampu menjadi pioner kedewasaan dalam menghadapi bandai termasuk masa Pademi sekarang ini.

Oleh karenanya, kegiatan Pramuka yang berjiwa sosial dan berbudi luhur tinggi diharapkan mampu menghadapi berbagai situasi dan goncangan apa pun di masa-masa sulit, karena memang mereka sudah dibekali dengan pelatihan dan kegiatan dalam menumbuhkembangkan kebangsaan.

 

 

PAMAN BIRIN Pramuka Harus Tanggap dan Mampu Tekan Badai Ancaman Bencana (2)

 

 

Gubernur selaku Kamabida Kalsel dalam acara peringatan Hari Pramuka ke 60 Tahun 2021 itu juga memberikan pengharghaan pada 67 anggota Pramuka Pancawarsa yang diserahkan secara simbolis juga menyerahkan penghargaan pemenang berbagai lomba yang diselenggarakan secara zoom.

Bahkan dalam kesempatan tersebut gubernur juga menyerahkan bantuan perahu karet secara simbolis pada tiga kabupaten, masing-masing Wakil Wakil Bupati Tanah Bumbu H Rusli dan Wakil Bupati HST Syamsuri Arsyad SAP, dan Wakil Bupati Batola Rahmadian Noor.

Ketua Panitia Pelaksana Acara Peringatan Hari Pramuka ke 60 Tahun 2021 Tingkat Daerah Kalsel H Zainal Arifin mengatakan peringatan Hari Pramuka yang berthemakan ‘Berbakti Tanpa Henti’ diramaikan dengan kegiatan bakti masyarakat yang meliputi Vaksinasi Covid-19, Donor Darah, Tabur Bunga di Makam Pahlawan dan Penyerahan Bantuan Sembako untuk Panti Asuhan.

Bahkan Pramuka juga telah melaksanakan pelatihan relawan Satgas Covid untuk pembina Pramuka di Sekolah Dasar dan Madrasah, pelatihan bencana bagi anggota Pramuka Kwarda Kalsel, Pelatihan Penggunaan Perahu Karet untuk Satgas Pramuka Peduli se Kalsel dan Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada upacara hari Pamuka ke 60 tahun 2021 ini, juga diberikan penghargaan kepada anggota Gerakan Pramuka yang dengan sukarela memberikan bimbingan dan pembinaan kepada peserta didik Gerakan Pramuka agar menjadi kaum muda yang berkarakter juga akan diberikan penghargaan Pramuka Garuda untuk peserta didik.(SU)

 149 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: