NAIK Rp 1 M Target Pendapatan Kawasan Ekowisata Tahura

Bagikan :
NAIK Rp 1 M Target Pendapatan Kawasan Ekowisata Tahura

SuarIndonesia– Pada tahun ini Pemprov Kalsel menaikkan target pendapatan dari pengelolaan Tahura Mandiangin dan Bukit Batu, Aranio.

Pada tahun lalu target yang ditetapkan Rp 2 miliar, sedangkan tahun ini menjadi Rp 3 miliar.

Plt. Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hj. Fathinatuzzahra, mengakui pada tahun lalu pihaknya tidak bisa maksimal dalam hal memungut retribusi disebabkan hantaman Covid-19.

Tahun lalu efektif beroperasi hanya kurang lebih 4 bulan, yaitu Juni, Oktober, November, dan Desember.

“Maka dari itu pendapatan tahun lalu tidak maksimal. Kami hanya berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar Rp1 miliar lebih.

Pemasukan paling banyak tahun lalu di bulan Juli dari wisata Bukit Batu, Sungai Luar,” ujar wanita yang akrab disapa Aya ini, Rabu (12/1/2022).

Dikatakan Aya, pada 2022 target pendapatan sebesar Rp 3 miliar, karena Tahura sudah menjadi badan layanan umum daerah (BLUD) maka pembiayaan langsung dari APBD provinsi dikurangan Rp 3 miliar juga. pengurangan Rp 3 miliar tarsebut sejatinya untuk pengembangan Tahura.

“Misal anggaran Tahuran 2022 Rp 7 miliar, karena BLUD ditarget Rp3 miliar maka 3 miliarnya dikeluarkan dari APBD. Belanja Rp 3 miliarnya diambil dari pemasuKnnya sendiri, apabila pemasukan tidak sampai Rp3 miliar maka yang dibangun tidak sesuai target.

Tahura harus benar-benar berjuang untuk dirinya sendiri agar pembangunan yang memerlukan dana Rp 3 miliar bisa tercapai,” ujarnya. (RW)

 87 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!