MERASAKAN – MENIKMATI Keseruan “Batfest” Liburan Alternatif Menawarkan Berbagai Konsep Menarik

SuarIndonesia – Liburan akhir tahun kali ini diprediksi bakal berbeda dibanding 3 tahun belakangan yang masih dilanda pandemi.

Pasalnya, pergantian tahun 2022 ke 2023 ini segala pembatasan mulai dikendorkan, menyusul kian landainya kasus Covid-19.

Sehingga perayaan liburan nyaris dipastikan akan kembali meriah seperti halnya kala sebelum pandemi. Masyarakat lazim mencari tempat-tempat ramai maupun event besar.

Salah satu liburan alternatif yang menawarkan berbagai konsep menarik adalah Batulicin Festival (Batfest) di Kabupaten Tanah Bumbu. Tepatnya di Pantai Festival Jhonlin, Sungai Kecil, Kecamatan Simpang Empat.

Batfest yang sudah dibuka sejak Selasa (27/12/2022) berlangsung selama 5 hari hingga malam tahun baru, Sabtu (31/12/2022).

Beragam rangkaian kegiatan dikemas secara menarik dan apik. Menghadirkan kolaborasi antara hiburan rakyat, siraman rohani, pusat jajanan kuliner hingga expo berbagai produk lokal.

Menyajikan suasana nyaman dan santai, tapi penuh kegembiraan dan keindahan. Mengingat latar belakang lokasi kegiatan persis berada ditepi laut dengan latar belakang pegunungan Bamega Kotabaru dan Pulau Sewangi di Selat Pulau Laut.

Suasana ini pun menjadi salah satu daya tarik dan magnet masyarakat untuk berkunjung. Ditambah sajian hiburan sejumlah artis populer ibukota yang manggung meramaikan Batfest 2022.

Serta tabligh akbar dai kondang Das’ad Latif yang bakal melengkapi kesempurnaan rangkain event festival ini.

Yang menambah seru dan nikmat, pengunjung tak akan absen untuk mencicipi kuliner favoritnya. Karena terdapat ratusan stand penjual makan minum yang sudah familiar dilidah masyarakat Banua.

Meski baru memasuki hari kedua, jumlah kunjungan terus meningkat signifikan.

Ditaksir belasan ribu orang dari berbagai wilayah sudah merasakan dan menikmati keseruan Batfest ini. Sebut saja salah satu pengunjung asal Kota Banjarmasin ini, Fadia.

Memanfaatkan liburan semester dan akhir tahun, ia memilih Batulicin Festival untuk refreshing. Bersama keluarga besarnya, Aya, sapaan akrabnya bakal menghabiskan hari-harinya hingga tahun baru di Kabupaten Tanah Bumbu.

Aya beralasan memilih Batfest sebagai liburan alternatif, karena tertarik dengan sajian hiburan artis ibukota yang ditampilkan. Seperti Mahalini dan Via Vallen.

“Selain itu saya suka suasana nyaman dan aman. Saya pikir Batfest adalah tempat yang tepat untuk mengisi liburan akhir tahun bersama keluarga,” ucapnya, Rabu (28/12/2022).

Baginya, liburan akhir tahun kali ini yang kedua dalam hidupnya bepergian jauh dari tempat tinggalnya.

Sebelumnya pernah bersama keluarga berlibur tahun baruan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, edisi 2017.

“Setelah itu tak pernah lagi. Apalagi 3 tahun belakangan dimasa pandemi hanya merayakan di komplek tempat tinggal saja. Makanya tahun ini kami ingin mencari pengalaman baru di Batfest ini,” lanjutnya.

Menurutnya, setelah mengunjungi Batfest ini dirinya ketagihan untuk mampir. Karena belum semua lokasi sempat disambanginya.

Ia bertekad memanfaatkan beberapa hari di Tanah Bumbu untuk menikmati hiburan dan jajanan di Batfest.

“Yang pasti malam tahun barunya harus kembali ke Pantai Festival. Selain ingin menonton Via Vallen, juga mau berbelanja beberapa produk lokal,” imbuhnya.

Aya berharap, Batfest ini bisa dipertahankan, tak sekedar hiburan dan menjadi tempat liburan diakhir tahun. Tapi dijadikan pusat wisata kuliner khas setempat.

“Agar masyarakat memiliki alternatif dalam memilih tempat rekreasi keluarga. Saya juga senang berkesempatan hadir di Festival Batulicin,” harapnya.

Senada, Jurnal, pengunjung asal Batulicin juga sangat tertarik mengisi liburan bersama keluarga di Batfest yang di inisiasi PT Jhonlin Group ini. Selain kuliner yang menjadi incaran, penampilan artis ibukota juga sebagai alasannya hadir di Pantai Festival ini.

“Pertama incar jajanan kuliner. Kemudian aksi panggung para artis juga pasti menjadi daya tarik kami kesini,” ujarnya.

Makanya ia berkunjung lebih awal, untuk memastikan spot yang ideal sebagai tempat menonton. Sekalian mencari informasi daftar artis yang bakal manggung.

“Istri sih sukanya Mahalini katanya. Saya harus ngantar mencarikan posisinya agar nyaman menontonnya nanti,” terangnya.

Ia mengaku senang dengan kehadiran event besar seperti Batfest ini. Karena sajiannya cukup lengkap dalam satu lingkungan. Enak untuk tujuan refreshing.

“Bagus suasananya bagi keluarga. Hiburannya juga ada. Tempatnya luas dan parkirnya nyaman,” tambahnya.

Harapannya, event festival ini kedepannya kembali dilaksanakan. Agar masyarakat Tanah Bumbu khususnya tetap bisa mendapatkan pilihan liburan alternatif.

“Kami sangat bersyukur. Mudahan tahun depan kembali digelar agar ada lagi liburan akhir tahun.

Saya ucapkan terimakasih kepada pihak penyelenggara yang bersedia menyediakan tempat hiburan seperti ini,” tukasnya.

Terpantau, jumlah pengunjung terus bertambah. Hampir semua stand jajanan maupun expo UMKM dipenuhi masyarakat.

Sebagian tampak sibuk dan khidmat menyaksikan berbagai rangkaian yang disajikan penyelenggara.

Bahkan mereka rela menanti jadwal artis idolanya manggung sembari berkeliling mengunjungi spot-spot menarik.

Untuk Rabu (28/12/2022) malam, Batfest diramaikan penampilan artis Endank Soekamti. (*/ZI)

 351 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!