MENYERANG Lewat Pencernaan, Begini Ciri Hepatitis Akut

MENYERANG Lewat Pencernaan, Begini Ciri Hepatitis Akut

SuarIndonesia – Hepatitis akut menyerang melalui pencernaan. Penyakit yang belum diketahui penyebabnya tersebut punya ciri kekuning-kuningan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalsel, Dr. Diauddin, menyatakan sampai saat ini belum ada laporan kasus hepatitis akut dari kabupaten kota. Pria yang akrab disapa Dr. Dia, tersebut menjelaskan ciri-ciri terserang hepatitis akut.

“Ciri-cirinya kulit kuning, putih mata jadi berwarna kuning, dan warna urine gelap. Tanggal 28 April tadi kami sudah mengeluarkan surat edaran ditujukan kepada kabupaten kota, kita minta jika ditemukan kasus dengan ciri-ciri seperti di atas maka segera dilaporkan dan ditangani,” katanya.

Dikatakan Dia, pencegahan hepatitis lebih mudah jika dibandingkan dengan kasus covid.  Hepatitis akut masuk ke dalam pencernaan.

“Penularan hepatitis akut lebih ke pencernaan misal karena tempat makan yang bersama-sama atau mengonsumsi air yang tercemar. Dengan pola hidup bersih dan sehat insyaallah tidak tertular,” bebernya.

Berdasarkan keterangan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, terdapat 15 anak di Indonesia yang terserang hepatitis akut sampai dengan Selasa (10/5/2022).

15 kasus yang ada di Indonesia merupakan hasil laporan dari berbagai daerah.(RW)

 90 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!