KOMITMEN Khilafatul Muslimin Pulau Sebuku Jaga Kamtibmas dan NKRI

SuarIndonesia – Dalam rangka menjaga situasi ketertiban dan keamanan, Direktorat Intelkam Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), kembali melaksanakan Dialog Kebangsaan, Kamis (14/7/2022) siang.

Kali ini giliran Kabupaten Kotabaru yang dijadikan tempat dialog kebangsaan tersebut.

Dalam kegiatan yang digelar di Aula Kantor Kecamatan setempat, dihadiri oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kota Baru, dan organisasi Khilafatul Muslimin Kecamatan Pulau Sebuku.

Direktur Intelkam Polda Kalsel diwakili yang diwakili Kanit II Subdit Kamneg, Kompol Mohammad Sukar menjelaskan, bahwa kegiatan ini dilakukan guna menjaga dan menguatkan situasi kondusif dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Ia juga mengajak warga untuk menolak segala bentuk paham intoleransi, radikalisme serta terorisme.

“Mari bersama-sama menjaga dan mempertahankan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, serta Bhineka Tunggal Ika,” ungkapnya di sela kegiatan.

Selain itu, Kompol Mohammad juga berpesan kepada Pengurus Khilafatul Muslimin Pulau Sebuku, agar benar-benar ikhlas mengakui dan setia kepada Pancasila dan UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Karena kita ini berada di NKRI semua sudah ada aturannya, serta mau hidup berdampingan dengan masyarakat sekitar, dan tidak menyebarkan paham radikal,” ungkapnya.

“Saya meminta kesetiaan itu diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari,” tegasnya.

KOMITMEN Khilafatul Muslimin Pulau Sebuku Jaga Kamtibmas dan NKRI-2

Sementara itu Camat Pulau Sebuku Murjanuddin mengajak warganya untuk mencintai Negara, dan menjalankan sistem yang ada dengan sebaik-baiknya.

“Semoga dapat benar-benar dapat mengkui aturan saat ini, seperti adanya Presiden di bawahnya Gubernur, Bupati/Walikota, Camat, Kades, Rw/Rt,” tambahnya.

Di tempat yang sama Pimpinan Khilafatul Muslimin Kalsel H.Lamo menyampaikan ucapan terimakasih atas kegiatan silaturahmi ini. Ia berjanji akan menjalankan kewajiban sebagai warga negara yang baik.

Dalam kegiatan tersebut, Camat Pulau Sebuku mengajak semua peserta, termasuk pimpinan dan pengurus Khilafatul Muslimin di wilayahnya, untuk bersama-sama menyatakan komitmen, dalam deklarasi yang diucapkan secara bersama.

Di antaranya mereka bersama-sama siap menjaga dan mempertahankan Kedaulatan NKRI berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika, Menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif dan menolak segala bentuk intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Selain itu juga mengakui dan setia kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai landasan dan pedoman hidup, mencegah penyebaran seluruh paham yang mengancam persatuan dan kesatuan NKRI.

Terakhir Menjaga toleransi antar umat beragama dan bertekad hidup berdampingan dengan segenap masyarakat serta saling tolong menolong antar sesama.

Pada kegiatan ini juga turut dihadiri forum koordinasi Kecamatan dan tokoh agama dan masyarakat setempat. (SU)

 162 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!